Suara Pelanggan di Balik Desain Ford Ranger Generasi Berikutnya

Dengan eksterior atletis dan interior premium, Ford Ranger generasi berikutnya adalah hasil dari wawasan pelanggan yang mendalam

Fatkhul Maskur

25 Nov 2021 - 20.29
A-
A+
Suara Pelanggan di Balik Desain Ford Ranger Generasi Berikutnya

Perjalanan itu dimulai bahkan sebelum tim desainer meletakkan pena di atas kertas dengan sketsa pertama. - Foto2 Ford

Bisnis, JAKARTA - Ford telah mengungkapkan Ranger generasi terbarunya yang atletis, berani, dan bergaya khas. Pikap ini akan diproduksi di pabrik Thailand dan Afrika Selatan mulai 2022.

Dengan eksterior atletis dan interior premium, Ford Ranger generasi berikutnya adalah hasil dari berburu wawasan pelanggan, yang dikembangkan melalui penelitian pelanggan yang ekstensif tentang apa yang membuat pikap hebat.

Desainer mengambil wawasan ini, ditambah formula pikap pemenang penghargaan Ranger, untuk menciptakan Ranger generasi berikutnya – satu-satunya pikap ikonik, serbaguna, dan tepercaya menangani semua hal.

“Dalam arti yang sangat nyata, pelanggan telah bersama kami sepanjang perjalanan pengembangan kendaraan,” kata Max Tran, Kepala Desainer Ranger, dalam keterangan pers, Rabu (24/11/2021). “Kami menata ulang Ranger dari memahami dan menafsirkan bagaimana pelanggan menggunakan truk dan apa yang mereka harapkan dari pikap."

Perjalanan itu dimulai bahkan sebelum tim desainer meletakkan pena di atas kertas dengan sketsa pertama. “Kami tidak hanya mencoba membuat truk yang bagus. Kami ingin membuat yang luar biasa yang menginspirasi pemilik setiap kali mereka melihat Ranger di jalan masuk mereka.”

Tim Tran menghabiskan ratusan jam dengan pelanggan di seluruh dunia untuk melihat bagaimana mereka menggunakan pikap setiap hari. Ford melakukan lebih dari 5.000 wawancara dan membuat lebih dari 1.800 halaman catatan lapangan untuk referensi, yang membantu pengembangan dan panduan baik insinyur maupun desainer untuk membuat pikap dengan fitur dan kemampuan yang diinginkan pelanggan.

“Melihat pemilik menggunakan truk, baik untuk bekerja, membawa keluarga, atau bermain, menginspirasi beberapa ide fantastis yang mendorong keputusan desain dan pengembangan,” kata Tran. “Salah satu contohnya adalah side-step kotak terintegrasi. selama sesi klinik, kami melihat banyak pelanggan kesulitan menjangkau sisi truk ke tempat tidur; yang lain berdiri di ban belakang atau bemper untuk mendapatkan akses.

“Jadi, kami datang dengan ide box step, di belakang roda belakang,” katanya. “Kami mengejek satu, mengujinya dengan pemilik dan responsnya luar biasa. Orang-orang memberi tahu kami bahwa langkah itu akan menjadi alasan yang cukup untuk membeli Ford Ranger.”

Terlepas dari basis pelanggan yang luas dengan persyaratan dan latar belakang yang berbeda, tim Tran menemukan bahwa pemilik Ranger secara global memiliki banyak ciri kepribadian yang serupa.

“Kami menemukan bahwa apa pun pasarnya, pelanggan kami adalah pelakunya. Mereka suka memecahkan masalah mereka sendiri, dan mereka suka merasa percaya diri dengan truk mereka, tidak hanya dalam cara fungsi kendaraan, tetapi juga dalam perasaan mereka saat mengendarainya.

DESAIN INTERIOR

Desain eksterior Ranger generasi berikutnya mengikuti dua prinsip panduan penting: membawanya ke masa depan dan menjadikannya Built Ford Tough.

“Pelanggan memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang mereka sukai dan bagaimana mereka menggunakan Rangers mereka dalam kehidupan sehari-hari,” kata Tran. Tim desainer juga memasukkan fitur-fitur yang diinginkan dan dihargai pelanggan untuk memastikannya ramah dan kontemporer dan serbaguna seperti kemampuannya. 

Bentuk kotak baru di bumper belakang, misalnya, adalah berasal dari umpan balik pelanggan tentang aksesibilitas yang lebih baik ke area kargo dan mereka juga menginginkan area kargo yang lebih luas yang dapat menampung palet lebar penuh di baki.

Berbekal riset pelanggan yang ekstensif dan prinsip panduan mereka, tim Tran mulai menerjemahkan segala sesuatu ke dalam serangkaian visual untuk referensi inspirasi. Baru kemudian mereka meraih buku sketsa dan tablet desain berteknologi tinggi untuk memulai desain awal.

“Beberapa dari kami melihat ke alam, beberapa ke arsitektur, dan beberapa lainnya ke seni untuk inspirasi. Kami tidak menahan diri. Kami membiarkan desainer kami lepas untuk benar-benar melakukannya,” kata Tran.

“Kami benar-benar melihat Ranger sebagai saudara F-150. Ranger telah mengembangkan pengikut yang kuat selama 10 tahun terakhir, dan kami benar-benar bersandar pada fitur desain ikonik yang menjadikannya truk yang dicintai di seluruh dunia, tetapi juga mendorong amplop desain.”

Bentuk atletis pikap ini disengaja, dengan perawatan permukaan yang dilakukan agar kuat dan berotot. Dari gril baru yang berani dengan lampu depan C-clamp, lampu daytime running dan bar gril atas horizontal yang kuat, hingga lengkungan roda yang menonjol, garis bahu yang kuat, dan logo Ranger yang terpahat besar di bak truk, Ranger generasi berikutnya menghadirkan kepercayaan diri dan kemampuan. 

Di bagian belakang, lampu belakang didesain selaras dengan grafis perawatan lampu depan C-clamp. Peningkatan lintasan 50mm dan jarak sumbu roda 50mm lebih panjang dari Ranger sebelumnya memungkinkan para desainer untuk mendorong roda depan ke tikungan, meningkatkan posisinya di jalan.

“Kami telah mengambil semua yang kami sukai dari Ranger dan benar-benar membawanya ke masa depan,” kata Tran. “Kami telah berhasil menciptakan tampilan baru yang berani sambil mempertahankan ketangguhan dan kemampuan yang disukai orang dari truk mereka saat ini – dan kami senang akhirnya dapat menunjukkannya kepada dunia.”

Hingga delapan warna eksterior menarik yang berbeda telah diperkenalkan ke dalam jajaran, mengembangkan palet warna eksterior Ranger dengan penawaran inovatif dan sesuai tren untuk menyesuaikan gaya hidup pelanggan.

Ukuran roda baru berkisar dari pelek 17-inci baru hingga plek multi-spoke muka-mesin 20-inci – yang pertama untuk Ranger.

DESAIN INTERIOR 

Di dalam, Ranger generasi berikutnya memiliki kokpit baru yang bergaya, teknologi yang ramah pengguna, dan kabin premium, serbaguna, dan luas. Desainer berfokus pada membangun harmoni visual yang kuat di dalam untuk melengkapi eksterior yang tahan lama dan kokoh.

Bahan dan aplikasi sentuhan lembut meningkatkan suasana interior sementara panel instrumen baru mengadopsi desain pantai-ke-pantai yang menciptakan nuansa yang lebih luas. Beberapa isyarat desain juga dibawa dari eksterior: baling-baling ventilasi udara memiliki desain yang mirip dengan gril depan, dan beberapa perawatan permukaan eksterior telah disesuaikan untuk penggunaan interior.

Dasbor didominasi oleh layar sentuh beresolusi tinggi 10,1 inci atau 12 inci yang terpasang kokoh di tumpukan tengah, melengkapi kluster instrumen digital. Pelanggan lebih menyukai orientasi potret layar karena menciptakan ruang yang cukup untuk layar navigasi sementara juga menyisakan ruang di bagian bawah layar untuk menu lain, seperti untuk kontrol iklim dan hiburan.

Area penting lainnya dari input pelanggan adalah e-shifter yang tersedia untuk transmisi otomatisnya. Ford awalnya menciptakan pemilih gigi putar putar, tetapi pelanggan lebih suka e-shifter short-throw karena meningkatkan daya tarik truk berteknologi tinggi.

Desainer juga menata ulang aspek-aspek kunci kabin; misalnya, bagaimana pegangan pelepas pintu dapat diintegrasikan dengan lebih baik ke dalam desain dasbor 'pantai-ke-pantai', sehingga lebih mudah digunakan. Sekali lagi, umpan balik pelanggan menyebabkan pegangan pelepas pintu dipasang lebih rendah – terlihat lebih linier untuk memberikan jangkauan yang lebih mudah ke sakelar jendela dan sandaran tangan. Interiornya juga menampilkan lebih banyak bahan sentuhan lembut di sekitar kabin untuk nuansa premium.

Kursi juga telah didesain ulang, dengan guling baru dan sisipan busa yang lebih mengundang, bergaya dan nyaman. Keserbagunaan adalah kuncinya dengan kursi baris kedua yang sekarang dapat dilipat rata dan memiliki penyimpanan di bawah kursi yang tidak terlihat dan aman. Penghuni belakang juga memiliki outlet pemanas dan pendingin di bagian belakang konsol tengah. Ada juga area penyimpanan tambahan di kantong pintu dengan ruang di bagian depan dan belakang.

“Ranger generasi baru benar-benar mengubah peran pikap sebagai mitra tepercaya untuk bekerja, keluarga, dan bermain,” kata Gary Boes, direktur Enterprise Product Line Management, Global Trucks. “Dengan bantuan semua wawasan yang kaya dari pelanggan, kami telah menciptakan Ranger yang kami yakini akan menginspirasi pemilik untuk melakukan lebih banyak hal yang mereka sukai, dengan fitur yang mendorong mereka untuk menjelajahi cakrawala baru.”

Ranger generasi berikutnya akan dibangun di pabrik Ford di Thailand dan Afrika Selatan mulai tahun 2022. Detail peluncuran pasar secara spesifik akan diumumkan di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.