Free

Subsektor Industri Manufaktur Paling Ekspansif pada Kuartal I/2024

Sebagian besar komponen pembentuk PMI-BI meningkat dan melanjutkan fase ekspansi.

Maria Elena

22 Apr 2024 - 19.10
A-
A+
Subsektor Industri Manufaktur Paling Ekspansif pada Kuartal I/2024

Pekerja sedang merakit kerangka truk. /HINO

Bisnis, JAKARTA – Prompt Manufacturing Index-Bank Indonesia (PMI-BI) tercatat sebesar 52,80% pada kuartal I/2024. Angka tersebut lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang berada di 51,20%.

Ini menandakan kinerja lapangan usaha industri pengolahan meningkat. Peningkatan PMI-BI tersebut sejalan dengan perkembangan kegiatan lapangan usaha industri pengolahan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang berada pada fase ekspansi. Nilai saldo bersih tertimbang sebesar 1,71%.

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa sebagian besar komponen pembentuk PMI-BI meningkat dan melanjutkan fase ekspansi.

Baca juga: 7 Solusi Industri Hadapi Dampak Gejolak Timur Tengah

Dia merincikan, indeks tertinggi tercatat pada volume persediaan barang jadi, diikuti volume total pesanan dan volume produksi. 

“Sementara berdasarkan subsektor usaha, mayoritas sublapangan usaha masih berada pada fase ekspansi, dengan indeks tertinggi pada Industri pengolahan tembakau, diikuti industri tekstil dan pakaian jadi, serta industri logam dasar,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (22/4/2024).

 

 

Lebih lanjut, kinerja lapangan usaha industri pengolahan pada kuartal kedua 2024 diperkirakan terus melanjutkan peningkatan. Ini tecermin dari PMI-BI yang tercatat sebesar 54,31%. 

Baca juga: BI: Kinerja Industri Manufaktur Naik pada Kuartal I/2024, Ini Subsektor yang Moncer

Berdasarkan komponen pembentuknya, seluruh komponen diperkirakan berada pada fase ekspansi dengan indeks tertinggi terjadi pada komponen volume persediaan barang jadi, volume produksi, dan volume total pesanan. 

Erwin menjelaskan bahwa seluruh sublapangan usaha juga diperkirakan berada pada fase ekspansi, dengan indeks tertinggi pada Industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki, diikuti oleh industri pengolahan tembakau, serta industri mesin dan perlengkapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.