Subsidi BBM Pertamax Mencuat, Harga Pertalite Bakal Dilepas?

Pemerintah disebut tengah mendorong penggunaan Pertamax sebagai BBM utama di masyarakat, salah satu upayanya dengan pemberian subsidi.

Ibeth Nurbaiti

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Subsidi BBM Pertamax Mencuat, Harga Pertalite Bakal Dilepas?

Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mengisikan bahan bakar ke kendaraan di Makassar, Sulawesi selatan, Sabtu (15/1/2022). Kuota subsidi bahan bakar minyak (BBM) Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ini jenis premium dikurangi 37 persen sementara Solar naik 5 persen. Kouta subsidi BBM jenis premium pada 2021 lalu mencapai 791.897 kiloliter (kl), kini pada 2022 koutanya hanya 497.314 kl. Sementara untuk jenis solar, kouta pada 2021 sebanyak 512.000 kl, naik jadi 540.980 kl pada 2022 ini. Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA — Wacana pemberian subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax kembali mencuat, meskipun sempat tenggelam oleh keriuhan lonjakan konsumsi Pertalite. Pemerintah disebut tengah mendorong penggunaan Pertamax sebagai BBM utama di masyarakat, salah satu upayanya dengan pemberian subsidi.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa kebijakan pemerintah yang menjadikan BBM RON 90 atau Pertalite sebagai JBKP sehingga perseroan mendapatkan kompensasi adalah bagian dari rencana untuk mendorong penggunaan Pertamax. Kompensasi tersebut diberikan jika harga penjualan yang ditetapkan pemerintah berada di bawah harga keekonomiannya.

Road map pemerintah mensubsidi bahan bakar yang ramah lingkungan, maka road map berikutnya adalah Pertamax. Jadi ada road map-nya, tidak serta merta pindah. Inilah yang kita lakukan, Pertalite jadi JBKP. Ke depannya sehingga RON 88 pindah ke Pertamax, penurunan emisi luar biasa besar,” tutur Nicke saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Menanti Matang Kriteria Penerima BBM Subsidi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.