Sudi Silalahi Sang Pendamping SBY Itu Telah Tiada

Keberangkatan jenazah Sudi Silalahi dari rumah duka di Jatiwarna, Bekasi, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibatan dan upacara militer saat pemakaman menjadi bagian dari rangkaian kenangan atas almarhum.

Aprianus Doni Tolok & Jaffry Prabu Prakoso

26 Okt 2021 - 14.00
A-
A+
Sudi Silalahi Sang Pendamping SBY Itu Telah Tiada

Jenazah Sudi Silalahi saat diberangkatkan dari rumah duka menuju TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (26/10/2021)./Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis, JAKARTA - Mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi hari ini, Selasa (26/10/2021) dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Setelah sakit dan menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto almarhum Sudi Silalahi berpulang untuk selamanya, Senin (25/10/2021) pukul 23.50 di RSPAD, Jakarta.

Bagi Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninggalnya almarhum Sudi Silalahi meninggalkan kesan yang mendalam. 

Keberangkatan jenazah Sudi Silalahi dari rumah duka di Jatiwarna, Bekasi, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibatan dan upacara militer saat pemakaman menjadi bagian dari rangkaian kenangan atas almarhum.

Sudi Silalahi/Antara

Almarhum Sudi Silalahi memiliki relasi yang cukup dekat dengan SBY.

Dikutip dari situs Kepustakaan Presiden Perpustakaan Nasional, Selasa (26/10/2021), Sudi Silalahi lahir pada 13 Juli 1949 di Pematang Siantar.

Sudi Silalahi menekuni tugas sebagai tentara dan mengakhiri karier militer dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) lulusan Akademi Milter pada 1972.

Sudi Silalahi sempat memegang sejumlah jabatan penting selama berkarier di dunia militer, yaitu sebagai Wakil Assospol Kasospol ABRI pada 1996-1997, Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998, Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998, dan Pangdam V Brawijaya Surabaya pada 1999.

Dia mengawali karier di pemerintahan kala menjadi sekretaris SBY saat menjabat Menko Polkam di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

SBY selanjutnya menunjuk Sudi Silalahi sebagai Sekretaris Kabinet dalam kabinet Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009. Kemudian, Sudi ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun menghadiri pemakaman Sudi Silalahi. SBY tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 12.20 WIB.

SBY didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istrinya, Annisa Pohan./Bisnis-Aprianus Doni

Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Sudi Silalahi memiliki banyak tanda jasa.

Sudi Silalahi memiliki Bintang Mahaputra Adi Pradana, Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, SL penegak, SL Dwidya Sista, dan SL Kesetiaan 8, 16 dan 24 Thn.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono punya kenangan tersendiri soal almarhum Sudi Silalahi. 

“Saya mengenal beliau sebagai senior yang baik dan mengayomi. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarganya diberi kekuatan,” kata AHY melalui pesan instan kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang memiliki kedekatan dengan Sudi karena sama-sama pernah menjadi Pangdam V Brawijaya juga memiliki kenangan khusus tentang Sudi.

Setidaknya ada dua hal yang dikenang Gatot dari almarhum Sudi Silalahi.

“Pertama, beliau komitmen tentang masalah politik negara. Jadi TNI itu politiknya politik negara,” kata Gatot usai upacara pemakaman, Selasa (26/10/2021).

Kenangan kedua, ujar Gatot, Sudi sangat fokus pada masalah keumatan. “Jadi setiap menghadap beliau, biasanya orang ditanya. ‘Kamu sudah salat belum?’ Kalau belum, salat dulu. Semoga beliau husnul khatimah,” ujar Gatot.

Berbagai karangan bunga berjejer di rumah duka sebagai tanda turut berbelasungkawa atas meninggalnya Sudi Silalahi. Di antaranya terdapat karangan bunga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

Sementara itu, di TMP Kalibata, Jakarta, saat pemakaman sejumlah tokoh hadir mengantar kepulangan almarhum ke haribaan Tuhan, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir didampingi kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Wapres RI Jusuf Kalla dan mantan Wapres RI Boedini menghadiri upacara pemakaman mantan Mensesneg Sudi Silalahi di TMP Kalibata, Selasa, 26 Oktober 2021./ JIBI/BISNIS - Aprianus Doni Tolok

SBY duduk bersebelahan dengan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Boediono. SBY terlihat mengenakan jas berwarna hitam dan peci, sedangkan Jusuf Kalla dan Boediono mengenakan batik dan peci hitam.

Mereka bersama hadirin lainnya menyaksikan saat-saat almarhum Sudi Silalahi dikebumikan. Mereka masing-masing punya kenangan tentang almarhum Sudi Silalahi. 

SBY tentu tak akan melupakan kedekatannya selama ini dengan Sudi Silalahi. Begitu juga, AHY tak akan lupa dengan sikap Sudi Silalahi yang disebutnya tampil sebagai sosok senior yang mengayomi. (Fitri Sartina Dewi, Edi Suwiknyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.