Suharyanto: BNPB Akan Hadir dalam Waktu Sesingkat-singkatnya

Presiden Joko Widodo melantik Suharyanto menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (17/11/2021).-Youtube Setpres

Aprianus Doni Tolok

17 Nov 2021 - 18.57
A-
A+
Suharyanto: BNPB Akan Hadir dalam Waktu Sesingkat-singkatnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Suharyanto menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 17 November 2021 - Youtube Setpres

Bisnis, JAKARTA — Mayjen TNI Suharyanto resmi menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito yang akan memasuki masa purnatugas seusai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

Lantas apa yang akan menjadi prioritas Suharyanto pada masa kepemimpinannya?

"Pada saat terjadi bencana, BNPB akan hadir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya untuk membantu agar masyarakat yang terdampak bencana ini segera mendapat pertolongan dan segera mendapat hak-hak hidup yang mendasar," katanya dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (17/11/2021).

Suharyanto memahami bahwa Indonesia tidak dapat lepas dari rangkaian peristiwa bencana mulai dari bencana hidrometeorologi, bencana geologi, bencana vulkanologi hingga bencana nonalam seperti pandemi Covid-19.

Pada kondisi itu, dia akan berupaya agar BNPB selalu hadir dalam seluruh tahapan penanggulangan bencana, mulai dari peningkatan kesiapsiagaan, edukasi, mitigasi, tanggap darurat, hingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

Kejadian Bencana Tahun 2020

Di samping itu, Suharyanto juga akan memastikan bahwa masyarakat tidak akan berlama-lama menanggung dampak bencana.

"Dalam penanggulangan bencana, negara Indonesia ini tidak bisa lepas dari bencana karena letak geografisnya sedemikian rupa sehingga hampir dipastikan banyak bergerak, banyak gempa kemudian di pengujung dan awal tahun seperti ini banjir di mana-mana ini perlu kehadiran BNPB," ujarnya.

Suharyanto juga mengaku mendapat arahan dari Presiden Jokowi agar BNPB dapat terus bekerja secara maksimal.

Pasalnya, wilayah Indonesia tengah memasuki musim penghujan dan ditambah fenomena La Nina, yang mengakibatkan tingkat intensitas curah hujan menjadi tinggi dan dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.