Suku Bunga Acuan Kembali Naik, Bank Pilih Pertebal Dana Murah

Kalangan perbankan mempersiapkan jurus masing-masing untuk mempertebal porsi dana murah dalam struktur dana pihak ketiga (DPK) mereka guna meredam efek peningkatan cost of fund akibat kenaikan BI rate.

Fahmi Ahmad Burhan

29 Apr 2024 - 16.31
A-
A+
Suku Bunga Acuan Kembali Naik, Bank Pilih Pertebal Dana Murah

Bisnis, JAKARTA — Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia mendorong perbankan untuk lebih gencar mengincar peningkatan porsi dana murah dalam komponen dana pihak ketiga (DPK) guna meminimalisasi peningkatan biaya dana atau cost of fund.

Keputusan menaikan suku bunga acuan diambil BI dalam agenda Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode 23-24 April 2024. BI rate pun kini menyentuh level 6,25%, naik 25 basis poin (bps) setelah sebelumnya tertahan di level 6% sejak Oktober 2023.

Transmisi kenaikan suku bunga acuan ke dalam suku bunga kredit dan simpanan perbankan tentu akan disesuaikan dengan kondisi pada masing-masing bank. Namun, cepat atau lambat, bank harus menyesuaikan besaran suku bunganya.

Kondisi tersebut dapat mendorong masyarakat untuk menyimpan lebih banyak dananya di bank. Namun, jika mayoritas dana mengendap di instrumen dana mahal berupa deposito, beban biaya dana perbankan akan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.