Suku Bunga Mengetat, Kredit Justru Makin Melaju

Gairah masyarakat dan pelaku usaha untuk menarik kredit baru dari perbankan tidak mengendur, meskipun dibayang-bayangi oleh kenaikan suku bunga acuan dan kekhawatiran dunia terhadap ancaman krisis 2023.

Emanuel Berkah Caesario

24 Nov 2022 - 19.11
A-
A+
Suku Bunga Mengetat, Kredit Justru Makin Melaju

Ilustrasi pengajuan kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Alih-alih melambat karena kebijakan pengetatan moneter oleh bank sentral, kredit industri perbankan justru makin melaju. Gairah ekspansi dunia usaha tampaknya tidak begitu saja mengendur ketika menghadapi tantangan ekonomi yang kini makin berat.

Bank Indonesia sudah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 175 basis points (bps) atau 1,75 persen ke level 5,25 persen per November 2022. Hal ini sebagai respons terhadap inflasi yang makin tinggi, serta kebijakan bank sentral global yang sudah lebih dahulu menaikkan suku bunga acuan mereka.

Secara teoretis, kenaikan suku bunga dapat menghambat gairah dunia usaha dan masyarakat untuk menarik kredit baru. Alhasil, aktivitas ekonomi pun melambat, sehingga laju inflasi perlahan mulai terkendali. Dalam hal ini, inflasi dipandang sebagai konsekuensi dari aktivitas ekonomi yang meningkat.

Namun, inflasi yang terjadi akhir-akhir ini bukan semata-mata dipicu oleh aktivitas ekonomi yang meningkat pasca-pandemi, tetapi juga akibat konflik geopolitik Rusia dan Ukraina yang menyebabkan rantai pasok komoditas global terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.