Suku Bunga Meroket, KPR Bakal Jadi Penopang Kredit Konsumsi

Permintaan kredit industri perbankan diperkirakan akan tetap tinggi pada kuartal pertama 2023, meski suku bunga terus meningkat. Khusus untuk sektor konsumsi, KPR bakal menjadi penopang utamanya.

Emanuel Berkah Caesario

22 Jan 2023 - 18.29
A-
A+
Suku Bunga Meroket, KPR Bakal Jadi Penopang Kredit Konsumsi

Ilustrasi KPR. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kinerja industri properti cenderung masih lesu selama periode pandemi hingga akhir tahun 2022 lalu. Meski demikian, kredit pemilikan rumah (KPR) justru diperkirakan bakal menjadi pendongkrak kredit konsumsi perbankan pada awal tahun ini.

Bank Indonesia kembali menaikkan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur Januari 2023 ini sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,75 persen. Seiring dengan itu, kalangan perbankan pun bakal terus melakukan penyesuaian suku bunga kredit dan simpanannya.

Kondisi ini bakal menjadikan permintaan kredit cenderung tertekan di masa mendatang, akibat kenaikan cicilan yang sejalan dengan kenaikan suku bunga kredit. Namun, menariknya, Bank Indonesia justru menemukan bahwa permintaan kredit cenderung bakal meningkat pada awal tahun ini.

Berdasarkan survei perbankan yang dirilis Bank Indonesia pada awal tahun ini, penyaluran kredit baru perbankan diperkirakan tumbuh meningkat pada kuartal I/2023 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Suku Bunga Meroket, KPR Bakal Jadi Penopang Kredit Konsumsi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.