Sulitnya TLKM Mengejar Pertumbuhan Double Digit

Pertumbuhan pendapatan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. cenderung terbatas sejak 2018. Konsensus analis juga memproyeksikan laju pertumbuhan perseroan tidak akan begitu luar biasa dalam 3 tahun ke depan. Namun, sahamnya dinilai sangat menarik.

Tim Redaksi

26 Mar 2024 - 16.18
A-
A+
Sulitnya TLKM Mengejar Pertumbuhan Double Digit

Bisnis, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. tampaknya belum akan melihat pertumbuhan kinerja yang masif dalam beberapa tahun ke depan, di tengah sengitnya peta persaingan di lini telekomunikasi.

Emiten berkode saham TLKM ini terakhir kali mencetak pertumbuhan pendapatan double digit atau di atas 10% yakni pada 2017 silam. Kala itu, pendapatannya naik 10,25% secara tahunan atau year-on-year (YoY) menjadi Rp128 triliun. Pada saat yang sama, labanya naik 14,43% YoY menjadi Rp22 triliun.

Namun, sejak itu kinerja perseroan cenderung terbatas. Pada 2018, pendapatannya hanya naik 1,97% YoY menjadi Rp130,8 triliun, sedangkan laba bersihnya justru anjlok 18,57% YoY menjadi tinggal Rp18 triliun. Pendapatannya tidak pernah tumbuh lebih dari 5% lagi sejak itu.

Tahun lalu, Telkom mencetak pendapatan Rp149 triliun, hanya naik 1,30% YoY. Sementara itu, laba bersihnya memang terlihat melesat 18,34% YoY menjadi Rp24,6 triliun, tetapi itu terjadi karena low base effect setelah perseroan mencetak penurunan laba di tahun sebelumnya sebesar -16,18% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sulitnya TLKM Mengejar Pertumbuhan Double Digit

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.