Sulteng Canangkan 1.000 Desa Pintar

Pemprov Sulteng rencananya meluncurkan program tersebut yang dimulai di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi pada Kamis (4/11/2021).

Zufrizal
1 Nov 2021 - 10.01
A-
A+
Sulteng Canangkan 1.000 Desa Pintar

Seorang pengendara sepeda motor melintas di jalan raya kompleks hunian tetap Balaroa, Kota Palu, Rabu (24/6/2020). -Antara-Adha Nadjemuddin

Bisnis, PALU — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah meluncurkan program desa pintar yang bertujuan memajukan desa dari status ketertinggalan melalui pengembangan potensi ekonomi yang terdapat di dalamnya.

"Target kita 1.000 desa di Sulteng tersentuh dengan program smart village," kata Tenaga Ahli Gubernur Sulteng Ridha Saleh seperti dikutip dari Antara, Senin (1/11/2021).

Pemprov Sulteng rencananya meluncurkan program tersebut yang dimulai di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi pada Kamis (4/11/2021).

Ridha mengatakan rencananya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  Abdul Halim Iskandar akan menghadiri dan meluncurkan program desa pintar tersebut.

"Untuk optimalisasi program tersebut, Pemprov Sulteng menggandeng atau membangun kerja sama dengan Kemendes-PDTT," ujarnya.

Melalui program tersebut, 1.000 desa yang ditargetkan oleh Pemprov Sulteng akan memberi pelayanan berbasis digital kepada masyarakat. Tidak hanya itu, program tersebut juga akan mempercepat pembangunan perdesaan, meliputi pembangunan infrastruktur, pangan, dan ekonomi.

Saat ini Pemprov Sulteng terus memantapkan konsep program tersebut dengan melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah terkait, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulteng Faisal Mang menyampaikan bahwa desa pintar salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perdesaan.

Dengan program itu, kata dia, masyarakat perdesaan dapat mengakses dan mengetahui tentang teknologi untuk mengembangkan sektor pertanian. Dengan begitu, ketertinggalan masyarakat di perdesaan dapat diminimalkan secara perlahan-lahan.

Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.