Surplus Dagang Susut, Episode Menegangkan Neraca Transaksi Berjalan

Berlanjutnya reduksi surplus neraca perdagangan merupakan embrio dari persoalan neraca eksternal Indonesia.

Maria Elena

24 Apr 2024 - 13.14
A-
A+
Surplus Dagang Susut, Episode Menegangkan Neraca Transaksi Berjalan

Tumpukan kontainer barang impor./BISNIS-BIO

Bisnis, JAKARTA — Episode panjang penurunan surplus neraca dagang meningkatkan kecemasan banyak kalangan perihal ketahanan eksternal Indonesia. Maklum, situasi perniagaan yang kurang menguntungkan itu menggembosi neraca transaksi berjalan sehingga memengaruhi daya tahan ekonomi nasional.

Awal pekan ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat surplus neraca perdagangan surplus neraca perdagangan pada kuartal I/2024 turun 68,4% secara tahunan (year-on-year/YoY) menjadi US$7,3 miliar.

Defisit transaksi berjalan memang tidak selalu dikonotasikan negatif, sepanjang pergerakannya dikendalikan oleh derasnya aliran investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI).

Dalam konteks ini, defisit transaksi berjalan bisa dimaknai positif karena disebabkan oleh masuknya investasi asing yang memberikan daya dorong ke ekonomi karena terpacunya sisi produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.