Surplus Neraca Perdagangan Saat Ekspor Mulai Menurun

Surplus kali ini dibayangi kinerja ekspor sejumlah komoditas yang menunjukkan penurunan. Secara bulanan, eskpor migas turun 20,26 persen, sedangkan ekspor nonmigas turun 3 persen.

Saeno

15 Mar 2023 - 09.30
A-
A+
Surplus Neraca Perdagangan Saat Ekspor Mulai Menurun

Sawit, salah satu komoditas yang sempat menghasilkan windfall profit bagi perdagangan Indonesia./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA - Neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2023 mencatatkan surplus untuk 34 bulan berturut-turut. Surplus kali ini dibayangi kinerja ekspor sejumlah komoditas yang menunjukkan penurunan. Secara bulanan, eskpor migas turun  20,26 persen, sedangkan ekspor nonmigas turun 3 persen. 

Penurunan ekspor secara bulanan berbanding terbalik dengan perbandingan secara tahunan. Pada Februari 2023, secara tahunan,  ekspor masih tumbuh positif 4,51 persen meski melambat dibandingkan periode yang sama pada 2022 dan 2021.

Penurunan ekspor secara bulanan disebabkan melemahnya harga komoditas serta lesunya perekonomian negara mitra dagang Indonesia.   

Sementara itu, pada ekspor nonmigas diketahui komoditas bahan bakar mineral, komoditas logam mulia dan perhiasan permata, serta bijih logam terak dan abu mengalami penurunan. 

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Surplus Neraca Perdagangan Saat Ekspor Mulai Menurun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.