Survei BI: Laju Simpanan Nasabah Bank Mengalir Deras Akhir Tahun

Sejumlah bank gencar menjalankan strategi promosi dan undian berhadiah guna memacu dana pihak ketiga mereka. Sementara itu, Bank Indonesia pun mengonfirmasi berdasarkan hasil survei bahwa simpanan nasabah bank bakal meningkat pada akhir tahun ini.

Fahmi Ahmad Burhan

23 Okt 2023 - 13.37
A-
A+
Survei BI: Laju Simpanan Nasabah Bank Mengalir Deras Akhir Tahun

Karyawati menghitung uang rupiah dan dollar AS di salah satu bank di Jakarta, Kamis 10.9.2020. Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Kalangan perbankan tampaknya kian gencar untuk memupuk pendanaan mereka menjelang akhir tahun ini guna mengamankan likuiditas yang terancam makin mengetat akibat laju penyaluran kredit yang konsisten lebih tinggi ketimbang laju pertumbuhan simpanan.

Hal ini dikonfirmasi oleh data Survei Bank Indonesia yang menunjukkan bahwa simpanan atau dana pihak ketiga (DPK) di perbankan akan melejit pada kuartal IV/2023. Seiring dengan hasil survei BI, bank-bank memang tengah menggenjot raupan simpanan dari nasabah mereka.

Berdasarkan Survei Perbankan Triwulan III 2023 dari BI, penghimpunan DPK pada kuartal IV/2023 diprakirakan meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Peningkatan tersebut terlihat dari saldo bersih tertimbang (SBT) pertumbuhan DPK sebesar 93,7%, lebih tinggi dibandingkan 55% pada kuartal sebelumnya.

"Pertumbuhan DPK yang meningkat diprakirakan terjadi pada seluruh jenis kategori instrumen, yakni giro, tabungan, dan deposito," tulis BI dalam survei tersebut yang dipublikasikan beberapa waktu lalu. Secara rinci, nilai SBT simpanan giro mencapai 42,5%, tabungan 88,5%, dan deposito 66,4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Survei BI: Laju Simpanan Nasabah Bank Mengalir Deras Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.