Susun Skenario Penangkal Kasus Gagal Bayar Pinjol

Isu kredit macet di klaster finansial teknologi atau fintech belakangan ini makin santer menjadi perhatian. Mengingat salah satu platform pinjaman online atau pinjol kakap dilaporkan gagal bayar.

Asteria Desi Kartikasari

13 Jun 2023 - 16.38
A-
A+
Susun Skenario Penangkal Kasus Gagal Bayar Pinjol

Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com

Bisnis, JAKARTA— Isu kredit macet di klaster finansial teknologi atau fintech belakangan ini makin santer menjadi perhatian. Mengingat salah satu platform pinjaman online atau pinjol kakap dilaporkan gagal bayar.

Fintech yang dimaksud adalah PT Investree Radhika Jaya atau Investree. Dalam kasus Investree setidaknya sebanyak lima peminjam atau borrower terbesarnya dilaporkan mengalami gagal bayar. 

Tak hanya itu, fintech TaniHub Grup juga mengalami nasib yang sama setelah gagal menyelesaikan action plan dalam menyelesaikan pinjaman macet, ujungnya juga gagal bayar. Ditambah lagi ada kenaikan tren pelaku fintech yang telah melebihi tingkat wanprestasi 90 hari atau TWP90 di atas 5 persen. Setidaknya terdapat 24 fintech per April 2023.

Kembali berkaca dari kasus Investree, Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan lainnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Triyono mengatakan bahwa setelah diteliti, lima peminjam terkait secara historis memiliki rekam jejak kredit yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.