Suzuki GSX-S1000GT, Cermin Berani Sosok Sport Tourer

Suzuki resmi merilis GSX-S1000GT, sport tourer dengan konsep baru. Sepeda motor yang sepenuhnya hasil renovasi dari GSX-S1000F ini akan dipasarkan ke  seluruh dunia mulai Oktober 2021.

Moh. Fatkhul Maskur

24 Sep 2021 - 13.01
A-
A+
Suzuki GSX-S1000GT, Cermin Berani Sosok Sport Tourer

GSX-S1000GT baru memiliki garis-garis tajam dan mengalir yang menunjukkan kelincahan sportif dan bentuk aerodinamisnya. - Foto Suzuki

Bisnis, JAKARTA - Suzuki resmi merilis GSX-S1000GT, sport tourer dengan konsep baru. Sepeda motor yang sepenuhnya hasil renovasi dari GSX-S1000F ini akan dipasarkan ke  seluruh dunia mulai Oktober 2021.

GSX-S1000GT adalah sport tourer dengan fitur dan fungsi yang diperkuat untuk sport touring, mewarisi DNA sepeda supersport. Model ini telah direkayasa untuk kemudahan penggunaan sehari-hari, dan kenyamanan dan stabilitas kecepatan tinggi selama tur panjang. 

Kontrol elektronik Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) dan kluster instrumen layar LCD TFT LCD 6,5 inci penuh warna pertama Suzuki dengan konektivitas smartphone, adalah fitur yang disorot untuk konsep tersebut. 

Desain gayanya mencerminkan penampilan berani dari seorang sport tourer yang khas, sambil menampilkan garis-garis tajam dan mengalir yang menyampaikan kesan sportif yang gesit.

Engine 999cm3 empat langkah DOHC 4-katup inline-empat berpendingin cairan, menghasilkan tenaga yang melimpah ruah di seluruh rentang operasinya, memiliki karakteristik torsi halus yang bekerja secara linier dari kecepatan rendah hingga ujung atas, memberikan perasaan akselerasi yang mengasyikkan. 

Mesin dipasang pada rangka yang ringan namun sangat kaku, yang membuat GSX-S1000GT lebih mudah digunakan dalam berkendara sehari-hari, sekaligus meningkatkan stabilitas di jalan berliku dan jalan raya.

Untuk mengurangi kelelahan dalam touring jarak jauh, model ini mengadopsi setang mengambang, pijakan kaki berlapis karet, dan pegangan pegangan khusus, yang meminimalkan getaran yang ditransmisikan dari sepeda ke pengendara dan penumpang. 

Selain itu, setang telah diperlebar dan genggaman dibuat lebih dekat ke pengendara, mewujudkan posisi berkendara tegak yang lebih cocok untuk touring. Kaca depan yang aerodinamis dan kursi yang dirancang khusus juga berkontribusi pada kenyamanan pengendara.

Selain itu, berbagai macam aksesori asli, termasuk yang dikembangkan secara unik untuk GSX-S1000GT baru, tersedia untuk penyesuaian dalam menambah kenyamanan dan kemudahan.

Peralatan dan Fitur GSX-S1000GT Baru

- Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.)

Model ini menampilkan berbagai fungsi elektronik yang disempurnakan seperti Suzuki Drive Mode Selector (SDMS) dengan pilihan di antara tiga mode berbeda untuk berbagai karakteristik output mesin, Suzuki Traction Control System (STCS) yang diperbarui, kini dengan pilihan yang lebih luas dari 5- pengaturan mode, dan Sistem Pergeseran Cepat Bi-directional, yang memungkinkan pemindahan gigi ke atas atau ke bawah tanpa pengoperasian tuas kopling.

Sistem Cruise Control yang baru diadopsi, yang mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa pengoperasian throttle, meningkatkan kenyamanan di jalan raya, dll.

- Gugus Instrumen

GSX-S1000GT adalah sepeda motor Suzuki pertama yang mengadopsi kluster instrumen layar LCD TFT 6,5 inci penuh warna. Dengan mengganti pengaturan untuk mode tampilan Siang (putih) dan Malam (hitam), ini memaksimalkan visibilitas di setiap jam dan dalam situasi berkendara apa pun.

Dengan menghubungkan smartphone dengan aplikasi “SUZUKI mySPIN” yang terpasang, pengendara dapat mengakses konten seperti peta, memutar musik*1, melakukan panggilan telepon, dll. Aplikasi ini kompatibel dengan smartphone iOS*2 dan AndroidTM.

Gaya dan Desain

GSX-S1000GT baru memiliki garis-garis tajam dan mengalir yang menunjukkan kelincahan sportif dan bentuk aerodinamisnya. Ini juga memvisualisasikan, melalui desainnya yang halus, fungsi kecerdasan sepeda, seperti kontrol elektronik dan konektivitas smartphone.

Untuk mengurangi getaran yang ditransmisikan ke penumpang, pegangan tangan, tangga penumpang, dan bentuk serta ketebalan bantalan kursi penumpang telah dirancang dengan cermat untuk kenyamanan penumpang.

Aksesoris

Untuk kenyamanan dan kemudahan touring yang lebih baik, tersedia wind screen yang lebih tinggi untuk perlindungan angin yang lebih baik, side case berkapasitas besar yang dapat memuat helm full-face, grip heater, dll.

Aksesori kosmetik, seperti kursi bergaya, penutup karbon, stiker, dll., juga tersedia untuk penyesuaian yang lebih pribadi.

Spesifikasi New GSX-S1000GT
- Panjang Keseluruhan 2.140mm
- Lebar Keseluruhan 825mm
- Tinggi Keseluruhan 1.215mm
- Jarak sumbu roda 1,460mm
- Berat Curb 226kg
- Perpindahan Mesin 999cm3
- Tipe Mesin Empat langkah, 4 silinder, DOHC berpendingin cairan
- Output Maksimum 112kW / 11.000rpm
- Torsi Maksimum 106N・m/9.250rpm
- Kapasitas Tangki Bahan Bakar 19.0L 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.