Suzuki Perkenalkan Mobil Listrik Baterai eVX

Suzuki memperkenalkan untuk pertama kalinya konsep mobil baterai listriknya (BEV) Suzuki eVX di Auto Expo 2023, di Kota Delhi, India, Rabu (11/1/2023). Langkah elektrifikasi pabrikan Jepang yang satu ini mulai tampak jelas.

Fatkhul Maskur

12 Jan 2023 - 12.30
A-
A+
Suzuki Perkenalkan Mobil Listrik Baterai eVX

Presiden Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki memperkenalkan model BEV masa depan eVX di India di Auto Expo 2023, 11 Januari. - Foto Suzuki

Bisnis, JAKARTA - Suzuki memperkenalkan untuk pertama kalinya konsep mobil baterai listriknya (BEV) Suzuki eVX di Auto Expo 2023, di Kota Delhi, India, Rabu (11/1/2023). Langkah elektrifikasi pabrikan Jepang yang satu ini mulai tampak jelas.

Suzuki eVX adalah SUV konsep serba listrik yang diturunkan dari strategis EV global pertama Suzuki. Model produksi eVX dijadwalkan akan diperkenalkan ke pasar pada 2025.

Saat ini, Suzuki menawarkan sejumlah model SUV, seperti Grand Vitara dan S-Cross, di berbagai negara di dunia. Suzuki eVX adalah model BEV yang menggabungkan DNA 4x4 Suzuki yang kuat dengan fitur canggih dari BEV terbaru.

Eksteriornya dirancang agar langsung dikenali sebagai SUV Suzuki. Selain itu, mobil baru ini akan meneruskan warisan 4x4 Suzuki ke era listrik baru untuk menghadirkan pengalaman berkendara SUV Suzuki yang sesungguhnya.

"Saya senang memperkenalkan eVX, EV strategis global pertama kami. Di Suzuki Group, mengatasi pemanasan global adalah prioritas," Presiden Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki dalam jumpa pers di Auto Expo 2023.

Menurutnya, Suzuki mempromosikan berbagai langkah global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, dan akan terus menyediakan produk berharga bagi pelanggan di seluruh dunia dengan mengoptimalkannya untuk cara hidup dan berkendara orang yang berbeda.

Suzuki eVX EV

Suzuki eVX memiliki spesifikasi dengan dimensi panjang keseluruhan 4.300mm, lebar 1.800mm, dantinggi 1.600mm. Mobol ini dibekali dengan baterai berkapasitas 60kWh. Dari segi jangkauan, mobil ini memiliki performa rentang tempuh 550km sekali isi daya.

Pembuat mobil juga bersiap untuk beralih ke kendaraan listrik, dengan menginvestasikan dana sebesar US$ 388 juta untuk meningkatkan kapasitas produksi kendaraan listrik di negara bagian Gujarat Barat pada 2025.

Di Indonesia, Suzuki mulai memasuki era elektrifikasi dengan memperkenalkan Ertiga Hybrid yang dirakit secara lokal di Pabrik Suzuki di Bekasi, sejak awal April 2022. 

KOLABORASI TOYOTA

Sekitar pertengahan 2022, Suzuki Motor, Daihatsu Motor, Toyota Motor, dan Commercial Japan Partnership Technologies Corporation (CJPT) memulai kolaborasi menuju pengenalan pasar kendaraan listrik mini-komersial van listrik (BEV) pada 2023.

Kendaraan mini dirancang memiliki akses lebih luas karena ukurannya kecil dan penting dalam mendukung logistik jarak jauh. Populasi kendaraan mini di Jepang mencapai 60% dari total armada kendaraan komersial, menjadikannya jenis kendaraan yang mampu berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian netralitas karbon jika elektrifikasi maju.

Namun, masalah utama dalam mempromosikan elektrifikasi kendaraan komersial mini adalah meningkatnya beban masyarakat, termasuk biaya kendaraan yang lebih tinggi terkait dengan elektrifikasi, biaya terkait infrastruktur pengisian daya, dan waktu pengisian daya.

Untuk mewujudkan mini-commercial van BEV yang terjangkau, CJPT akan berpartisipasi dalam perencanaan, dan Suzuki, Daihatsu, dan Toyota akan bersama-sama mengembangkan sistem BEV yang cocok untuk kendaraan mini-commercial.

Suzuki dan Daihatsu memiliki kompetensi dalam pembuatan kendaraan mini, sementara Toyota mempunyai dengan teknologi elektrifikasi.

Mini-commercial van BEV yang dikembangkan oleh keempat perusahaan ini akan digunakan oleh para mitra dalam proyek implementasi sosial di Prefektur Fukushima dan Tokyo.

Suzuki, Daihatsu, Toyota, dan CJPT akan terus mendorong upaya mencapai netralitas karbon secara praktis melalui penyediaan sarana transportasi yang berkelanjutan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.