Tahan Uji Saham Sektor Energi Hadapi Tekanan The Fed

Saham-saham emiten sektor energi kembali dihadang katalis negatif mulai pekan depan seiring dengan proyeksi harga minyak yang mengalami akselerasi sepanjang paruh kedua serta tekanan kebijakan The Fed.

Artha Adventy & Asteria Desi Kartikasari

22 Jul 2023 - 17.02
A-
A+
Tahan Uji Saham Sektor Energi Hadapi Tekanan The Fed

Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden

Bisnis, JAKARTA— Saham-saham emiten sektor energi kembali dihadang katalis negatif mulai pekan depan seiring dengan proyeksi harga minyak yang mengalami akselerasi sepanjang paruh kedua serta tekanan kebijakan The Fed.

Mengingat pelaku pasar memproyeksikan FOMC The Fed pada peken depan akan menaikan suku Bungan sebesar 25 bps menjadi 5,25-5,50 persen, sesuai dengan isyarat The Fed pada pertemuan sebelumnya.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih menyebutkan elaku pasar seharusnya telah merespon kebijakan tersebut karena The Fed sendiri dalam beberapa pertemuan terakhir masih menginginkan kenaikan suku bunga untuk menekan inflasi kembali pada targetnya di level 2 persen. “Adapun keputusan tersebut turut berpotensi memberikan katalis negatif bagi komoditas minyak mentah dalam jangka pendek,” jelasnya menjawab pertanyaan Bisnis, Sabtu (22/7/2023).

Belum lagi, lanjut Ratih,harga minyak mentah global pada Semester II/2023 berpotensi mengalami akselerasi. Hal ini sejalan dengan supplai yang dibatasi akibat OPEC+ pada bulan Juni 2023, menyetujui untuk memperpanjang masa pemotongan produksi minyak mentah sebesar 3,66 juta barel per hari hingga akhir 2024 dari perjanjian sebelumnya hingga akhir 2023. “Selanjutnya, Arab Saudi juga menyatakan akan memangkas produksi sukarela sebesar 1 juta barel per hari pada Juli dan Agustus 2023,” kata Ratih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.