Tahap Pertama Era Listrik Motor Balap Ducati

Mulai musim 2023, Ducati akan menjadi satu-satunya pemasok resmi sepeda motor untuk Piala Dunia FIM Enel MotoE, kelas listrik dari Kejuaraan Dunia MotoGP. Ini adalah awal era listrik merek otomotif mewah Dukati.

Fatkhul Maskur

3 Nov 2021 - 17.27
A-
A+
Tahap Pertama Era Listrik Motor Balap Ducati

Ducati akan bekerja menyediakan sepeda motor listrik berperforma tinggi dan berkarakter ringan untuk semua peserta FIM Enel MotoE World Cup. - Ducati

Bisnis, JAKARTA - Mulai musim 2023, Ducati akan menjadi satu-satunya pemasok resmi sepeda motor untuk Piala Dunia FIM Enel MotoE, kelas listrik dari Kejuaraan Dunia MotoGP. Ini adalah awal era listrik merek otomotif mewah Dukati.

Perjanjian yang ditandatangani dengan Dorna Sports, penyelenggara dan promotor kejuaraan balap roda dua internasional terpenting, berlangsung hingga 2026 dan karenanya akan mencakup empat edisi Piala Dunia MotoE.

Pengumuman kesepakatan itu dibuat saat konferensi pers bersama di ruang pers Sirkuit Dunia Misano 'Marco Simoncelli' pada malam Grand Prix Made in Italy dan Emilia-Romagna, putaran terakhir ketiga Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Hadir pada momentum tersebut Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports; dan Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding.

“Kami bangga dengan perjanjian ini karena merupakan momentum bersejarah bagi perusahaan kami. Ducati selalu diproyeksikan ke masa depan dan setiap kali memasuki dunia baru, hal itu dilakukan untuk menciptakan produk berkinerja terbaik," kata Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding, seperti dikutip dalam keterangan pers, Rabu (3/11/2021). 

Perjanjian ini datang pada waktu yang tepat bagi Ducati, yang telah mempelajari powertrain listrik selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, kolaborasi ini memungkinkan Ducati untuk bereksperimen di bidang yang terkenal dan terkendali, seperti kompetisi balap. 

Ducati akan bekerja menyediakan sepeda motor listrik berperforma tinggi dan berkarakter ringan untuk semua peserta FIM Enel MotoE World Cup. Justru pada bobot, elemen fundamental dari sepeda motor sport, tantangan terbesar akan dimainkan. Ringan selalu ada dalam DNA Ducati dan berkat teknologi dan kimia baterai yang berkembang pesat, Ducati yakin dapat memperoleh hasil yang sangat baik.

“Kami menguji inovasi kami dan solusi teknologi futuristik kami di sirkuit di seluruh dunia dan kemudian membuat produk yang menarik dan diinginkan tersedia untuk Ducatisti. Saya yakin bahwa sekali lagi kami akan membangun pengalaman yang kami miliki di dunia kompetisi balap untuk mentransfernya dan menerapkannya juga pada motor produksi.”

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports, mengatakan dengan sejarah balap Ducati yang luar biasa, merupakan suatu kehormatan untuk menyambut komitmen dari salah satu pabrikan paling terkenal di paddock dan untuk menghadapi tantangan baru ini bersama-sama. 

"Kami sangat ingin melihat apa yang ada di masa depan dan terus menyaksikan teknologi ini berkembang dan tumbuh, dengan paddock MotoGP dan MotoE terus mendorong inovasi dan evolusi dalam industri sepeda motor - pada saat yang sama menciptakan tontonan on-track yang luar biasa .”

LABORATORIUM

Kolaborasi itu adalah langkah bersejarah bagi produsen sepeda motor Borgo Panigale yang mengikuti kebiasaannya menggunakan kompetisi balap sebagai laboratorium teknologi dan solusi yang kemudian menjadi kenyataan bagi semua pengendara sepeda motor, memasuki dunia sepeda listrik mulai dari sektor paling sportif, yaitu kelas listrik Kejuaraan Dunia MotoGP.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan keahlian dan teknologi di dunia yang terus berkembang seperti dunia listrik, melalui pengalaman yang akrab bagi perusahaan seperti kompetisi balap. 

Kompetisi balap telah menjadi tradisi terkonsolidasi bagi perusahaan Borgo Panigale sejak Ducati 851, yang meresmikan tren sepeda motor sport jalanan Ducati dengan merevolusi konsep dengan mesin berpendingin air dua silinder, injeksi bahan bakar elektronik, dan poros kembar baru, kepala empat katup, berasal dari motor Ducati 748 IE yang memulai debutnya dalam balapan ketahanan di Le Castellet pada 1986.

Sejak itu, transfer keahlian tanpa akhir ini selalu terjadi dari Kejuaraan Dunia Superbike, di mana Ducati telah berpartisipasi sejak edisi pertama pada tahun 1988, dan dari MotoGP, di mana Ducati adalah satu-satunya pabrikan sepeda motor non-Jepang yang telah memenangkan Dunia. Kejuaraan.

Crossover ini juga terlihat pada produk-produk terbaru dan bergengsi dari pabrikan Borgo Panigale: mesin V4 Panigale sebenarnya diturunkan secara ketat dalam seluruh filosofi konstruksinya – mulai dari pengukuran lubang dan langkah hingga poros engkol kontra-rotasi – dari mesin yang memulai debutnya di Desmosedici GP pada 2015. 

V4 Granturismo yang melengkapi Multistrada V4 baru kemudian diturunkan dari mesin Panigale. Semua perangkat lunak kontrol kendaraan juga langsung berasal dari yang dikembangkan di dunia balap. Belum lagi bidang aerodinamis.

Solusi teknologi yang dikembangkan di dunia balap, ditransfer ke produk-produk yang membentuk jajarannya, memungkinkan Ducati untuk menawarkan kepada para penggemarnya sepeda motor berperforma tinggi dan menyenangkan untuk dikendarai. 

Kejuaraan FIM Enel MotoE juga tidak terkecuali dalam hal ini dan akan memungkinkan Ducati untuk mengembangkan teknologi dan metodologi pengujian terbaik yang diterapkan pada sepeda motor listrik yang sportif, ringan, dan bertenaga.

Pada saat yang sama, fakta bahwa Ducati merupakan bagian dari Grup Volkswagen, yang telah menjadikan mobilitas listrik sebagai elemen penting dari strategi Otomatis Baru 2030, merupakan prasyarat terbaik untuk pertukaran keahlian yang luar biasa di bidang powertrain listrik.

EVOLUSI PRODUK

Langkah awal Ducati di dunia motor listrik ini juga akan berpengaruh pada evolusi rangkaian produk. Sekarang, tantangan paling penting di bidang ini adalah ukuran, berat, otonomi baterai, dan ketersediaan jaringan pengisian daya. 

Pengalaman Ducati di FIM Enel MotoE World Cup akan menjadi dukungan mendasar untuk R&D produk, bersama dengan evolusi fisiologis teknologi dan kimia. Tujuannya adalah untuk mempelajari bagaimana memproduksi, segera setelah teknologi memungkinkan, kendaraan listrik Ducati yang sportif, ringan, mendebarkan dan mampu memuaskan semua penggemar.

Babak baru FIM Enel MotoE Word Cup semakin dekat dari sebelumnya. Dan itu dari Ducati juga. 

Selama 2022, berbagai acara dan momentum kolektif akan memungkinkan semua penggemar menemukan perkembangan proyek langkah demi langkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.