Tahun Depan, MUF Bakal Salurkan Pembiayaan Haji dan Umrah

Mandiri Utama Finance (MUF), leasing di bawah Bank Mandiri akan memberikan pembiayaan haji dan umrah mulai 2024. Ekspansi bisnis ini seiring meningkatnya permintaan nasabah akan produk ini.

Pernita Hestin Untari

16 Des 2023 - 16.31
A-
A+
Tahun Depan, MUF Bakal Salurkan Pembiayaan Haji dan Umrah

Cek keberangkatan haji/Pexels

Bisnis, JAKARTA—Mandiri Utama Finance (MUF), leasing di bawah Bank Mandiri akan memberikan pembiayaan haji dan umrah mulai 2024. Ekspansi bisnis ini seiring meningkatnya permintaan nasabah akan produk ini.

“Pembiayaan haji/umroh MUF akan mulai tersedia pada 2024 dengan skema pembiayaan ijarah,” kata Direktur Finance & Business Relationship MUF Rully Setiawan kepada Bisnis, Kamis (14/12/2023).

 Rully berharap dengan dibukanya pembiayaan haji dan umrah melalui Unit Usaha Syariah (UUS) juga bisa mendorong penyaluran pembiayaan MUF secara keseluruhan. Adapun MUF menargetkan penyaluran pembiayaan sebanyak Rp28 triliun dari seluruh portofolio, termasuk di dalamnya pembiayaan haji dan umrah.

Sementara pada 2023, penyaluran pembiayaan tumbuh ditargetkan tumbub hingga 21,22% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak Rp21,7 triliun. Sepanjang 2022, jumlah pembiayaan yang telah disalurkan MUF mencapai Rp17,9 triliun.


Nasabah Mandiri Utama Finance/muf.co.id

Artinya MUF memerlukan sekitar Rp3,25 triliun penyaluran pembiayaan untuk memenuhi target tersebut. Pada Januari—November 2023, perseroan telah menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp18,45 triliun.  Angka tersebut meningkat 17% secara tahunan (year-on-year/yoy) apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun pembiayaan terbesar disalurkan ke sektor kendaraan. Terutama mobil dan motor baru maupun bekas dengan akad konvensional dan syariah.

Adapun operasional UUS MUF dimulai sejak 2018. Kala itu MUF telah mendapat kucuran dana dari PT Bank Mandiri Syariah (BSM) sebesar Rp500 miliar untuk menjalankan bisnis syariah.   UUS MUF dirancang untuk segmen ritel seperti umrah, wisata halal, pendidikan, dan lain-lain. Pembiayaan syariah juga berkontribusi terhadap penyaluran pembiayaan kendaraan mobil dan motor perusahaan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.