TAHUN POLITIK 2024 : Konsolidasikan Program Ekonomi & Pembangunan

Para pemilik modal memperhitungkan terbentuknya pemerintahan baru yang kuat dan kepastian regulasi untuk menjalankan rencana bisnisnya.

Redaksi

12 Feb 2024 - 08.11
A-
A+
TAHUN POLITIK 2024 : Konsolidasikan Program Ekonomi & Pembangunan

Salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang dikeluarkan dari daftar, yakni Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Tahun politik seringkali menjadi pertimbangan kalangan investor, terutama pemodal asing untuk melakukan kegiatan penanaman modal. Para pemilik modal memperhitungkan terbentuknya pemerintahan baru yang kuat dan kepastian regulasi untuk menjalankan rencana bisnisnya.

Respons pelaku pasar saham di Tanah Air setiap kali memasuki tahun politik terlihat kurang greget. Satu indikator yang dapat dijadikan rujukan yakni sepinya aktivitas perdagangan harian di lantai bursa.

Hasil kompilasi DataIndonesia mencatat rata-rata nilai transaksi harian di setiap kali periode Pemilihan Umum (Pemilu) menyusut. Pada Pemilu 2004, nilai transaksi harian tercatat Rp1,02 triliun. Transaksi harian pada tahun pemilu langsung pertama di Indonesia itu naik hingga 97% dari setahun sebelumnya.

Situasi berbalik pada Pemilu 2009. Nilai transaksi harian di lantai bursa tercatat senilai Rp4,05 triliun atau turun 8,78% dibandingkan dengan posisi 2008 yang tercatat senilai Rp4,44 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.