Taji Bank Digital Tak Kalah Tajam dari Bank Jumbo

Sejumlah bank digital mencatatkan pertumbuhan margin bunga bersih (net interest margin/NIM) yang pesat. Bahkan, nilai NIM mereka kini jauh di atas bank jumbo. Hal ini mengindikasikan performa bank digital yang menjanjikan.

Emanuel Berkah Caesario
Nov 23, 2022 - 9:24 AM
A-
A+
Taji Bank Digital Tak Kalah Tajam dari Bank Jumbo

Ilustrasi bank digital. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kemampuan bank digital dalam mengoptimalkan dana masyarakat tampaknya tak dapat disepelekan. Hal ini terlihat dari kemampuan sejumlah dua bank digital dalam menghasilkan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) yang mengungguli capaian bank-bank jumbo.

Secara sederhana, NIM merupakan selisih antara pendapatan bunga dari pembiayaan atau kredit yang disalurkan bank, dengan beban bunga yang dibayarkan kepada nasabah penabung. NIM merupakan indikator yang mencerminkan kemampuan bank dalam mengoptimalkan fungsi intermediasinya.

Berdasarkan laporan keuangan, PT Bank SeaBank Indonesia mencatatkan peningkatan NIM menjadi 17,22 persen per kuartal III/2022, naik pesat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu di level 4,58 persen.

Sementara, PT Bank Jago Tbk. (ARTO) mencatatkan peningkatan NIM dari level 6,1 persen per September 2021 ke level 10,5 per September 2022. NIM PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) juga meningkat ke level 12,7 persen per kuartal III/2022 dari sebelumnya 5,81 persen per kuartal III/2021.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Taji Bank Digital Tak Kalah Tajam dari Bank Jumbo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ