TAJUK : Bertumpu Pada Katalis Domestik

Kinerja IHSG kembali terkoreksi pada akhir perdagangan pekan lalu, melanjutkan tren pelemahan 5 hari perdagangan berturut-turut sejak 24 Mei 2023.

Redaksi

5 Jun 2023 - 08.48
A-
A+
TAJUK : Bertumpu Pada Katalis Domestik

Ilustrasi - Bursa/Bisnis

Kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali terkoreksi pada akhir perdagangan pekan lalu, melanjutkan tren pelemahan 5 hari perdagangan berturut-turut sejak 24 Mei 2023. Sepanjang periode itu, indeks komposit tersungkur 1,67 persen.

Pelemahan pada akhir bulan mengakumulasi koreksi indeks selama perdagangan Mei sebesar 4,08 persen. Ini menjadi penurunan terdalam IHSG dalam sebulan sejak Maret 2021 yang sempat anjlok 4,11 persen. Sepanjang tahun berjalan 2023, pelemahan pada Mei juga merupakan yang terburuk setelah pada Januari turun 0,16 persen dan minus 0,55 persen di periode Maret.

Pelaku pasar tentu menaruh perhatian pada volatilitas yang terjadi pada indeks komposit. Sentimen ekonomi global masih menjadi faktor utama yang memicu kekhawatiran di Bursa Efek Indonesia. Salah satunya terkait dengan ketidakpastian situasi ekonomi yang sempat mendera Amerika Serikat (AS) terkait dengan plafon utang pemerintah yang disinyalir mencapai US$31,4 triliun. Namun, ketegangan ekonomi di Negeri Paman Sam sedikit mereda setelah kongres negara itu mengesahkan undang-undang penangguhan plafon utang pemerintah pada akhir pekan lalu. Sabtu (3/6), Presiden Joe Biden dan Ketua Kongres AS Kevin McCarthy akhirnya mencapai kesepakatan kendati melalui proses negosiasi bertensi tinggi.

Hanya saja, kesepakatan itu tidak serta merta meredakan gejolak ekonomi di AS serta pengaruhnya terhadap ekonomi dunia. Tren penurunan permintaan komoditas global diprediksi tetap berlanjut mengingat pemulihan ekonomi di China juga terhambat. Purchasing Managers Index atau PMI China turun ke angka terendah dalam 5 bulan terakhir di level 48,8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.