Tak Ada Bank Syariah Baru Tahun Ini

Usaha OJK menambah jumlah bank syariah melalui pemisahan entitas atau spin off tak membuahkan hasil tahun ini.

Arlina Satiti Mugi Laras

11 Jul 2024 - 12.06
A-
A+
Tak Ada Bank Syariah Baru Tahun Ini

Bisnis, JAKARTA — Langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pemisahan entitas atau spin off unit usaha syariah untuk menambah jumlah bank umum syariah belum membawa hasil tahun ini. Bisa dipastikan, hingga tahun 2024 berakhir, jumlah bank umum syariah tetap 14. 

Berdasarkan data Statistik Perbankan Syariah OJK, hingga April 2024, jumlah bank umum syariah mencapai 14 secara total dengan aset Rp593,45 triliun. Kendati aset naik 49,56% dari realisasi pada 2020, jumlah bank umum syariah tak berubah. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae ketika disinggung soal pipeline spin off tahun ini, menyampaikan otoritas telah merilis Peraturan OJK No.12/2023 tentang Unit Usaha Syariah (UUS). 

“Ini mengatur tentang kewajiban spin off bagi unit usaha syariah yang telah memiliki aset 50% dari aset induk dan/atau total aset mencapai Rp50 triliun,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (10/7/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.