Tak Ada Payung Hukum, Pijakan Kompor Listrik Masih Goyah

Pemerintah perlu memperjelas aturan terkait dengan konversi kompor listrik, karena apabila konversi hanya dilakukan dengan kerelaan maka diprediksi program tersebut sulit diimplementasikan.

Ibeth Nurbaiti

17 Mar 2022 - 13.30
A-
A+
Tak Ada Payung Hukum, Pijakan Kompor Listrik Masih Goyah

Bisnis, JAKARTA — Penggunaan kompor listrik atau induksi pada rumah tangga kecil sebagai pengganti gas elpiji bersubsidi diyakini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi impor liquefied petroleum gas (LPG). 

Namun, perlu aturan yang jelas dari pemerintah sehingga program tersebut bisa segera diimplementasikan. Apalagi, tingginya kebutuhan daya listrik untuk kompor induksi masih menjadi tantangan program tersebut bisa dilakukan secara masif.

Dengan sasaran program kompor listrik yang saat ini diperuntukkan bagi pelanggan listrik bersubsidi 450 VA—900 VA, tentu akan menyulitkan karena penggunaan kompor listrik membutuhkan daya yang lebih besar. 

Baca juga: Menimbang Ulang Konversi LPG ke Kompor Listrik, Bisa Berlanjut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.