Tak Ada Toleransi untuk Kegagalan Transaksi Bank Digital

Bank digital mengandalkan kekuatan teknologi digital sebagai tulang punggung utama yang menopang kelancaran sistem perbankan. Hal ini mestinya tidak dapat ditawar lagi. Namun, kegagalan sistem di dua bank papan atas pada awal tahun ini memberi petunjuk bahwa perbankan digital nasional masih rentan.

Emanuel Berkah Caesario

31 Mar 2022 - 15.31
A-
A+
Tak Ada Toleransi untuk Kegagalan Transaksi Bank Digital

Transaksi digital/istimewa

Bisnis, JAKARTA — Gangguan operasional yang terjadi pada layanan transaksi digital sejumlah bank besar pada awal tahun ini mengindikasikan masih menumpuknya pekerjaan rumah bagi industri perbankan nasional yang tengah bermigrasi pada layanan yang sepenuhnya digital.

Pada akhir Februari 2022, aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri sempat mengalami gangguan operasional. Manajemen PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjelaskan hal ini terjadi karena adanya peningkatan transaksi yang kemudian berdampak pada kenaikan antrean layanan.

Kemudian pada pekan lalu, layanan Livin’ by Mandiri juga sempat mengalami gangguan. Hal ini kemudian dikeluhkan oleh sejumlah nasabah di media sosial. Akan tetapi, dalam kurang dari 30 menit, perseroan mampu mengurai persoalan tersebut.

Sementara itu, pada awal Maret 2022, Layanan mobile banking milik PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA juga sempat mengalami gangguan Manajemen BCA menyatakan penyebab M-Banking BCA eror adalah untuk meningkatkan layanan kepada nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.