Tak Ada yang Spesial dari Target Pajak Fiskal 2025

Postur fiskal pemerintahan baru pada 2025 terlihat minim gebrakan terutama dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak negara.

Tegar Arief Fadly

22 Mei 2024 - 08.50
A-
A+
Tak Ada yang Spesial dari Target Pajak Fiskal 2025

Menteri Keuangan Sri Mulyani./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Menilik rumusan awal postur fiskal yang akan dijalankan pada tahun depan, hampir tidak ada gebrakan yang signifikan dari pemangku kebijakan dalam mendulang penerimaan, terutama dalam kaitan pajak, yang masih menjadi tulang punggung penyetor dana segar ke kas negara.

Sejumlah strategi yang disampaikan oleh otoritas fiskal pun tak ada yang spesial. Padahal, negara butuh terobosan yang berarti untuk menggali potensi penerimaan sehingga mampu menyehatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pada Senin (20/5/2024), pemerintah menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2025 yang menjadi cikal bakal APBN 2025 kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sayangnya, dari draf yang telah dirilis dan pidato Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, termasuk beberapa pejabat pemerintah lainnya, terbilang nihil aksi strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.