Tak Bergas Industri Mesin Perkakas

Industri mesin perkakas merupakan induk dari industri permesinan. Akan tetapi, hampir semua kebutuhannya dipenuhi dengan mengimpor, sementara pelaku industri dalam negeri masih memproduksi mesin perkasas sederhana skala light dan medium duty.

Fatkhul Maskur

3 Nov 2022 - 19.00
A-
A+
Tak Bergas Industri Mesin Perkakas

ITB mendapatkan 7 buah mesin perkakas NARA, serta 50 set komponen mesin perkakas NARA untuk Pusat Pengembangan Mesin Perkakas. - foto itb.ac.id

Bisnis, JAKARTA - Industri mesin perkakas merupakan induk dari industri permesinan. Akan tetapi, hampir semua kebutuhannya dipenuhi dengan mengimpor, sementara pelaku industri dalam negeri masih memproduksi mesin perkasas sederhana skala light dan medium duty.

Industri mesin perkakas merupakan induk dari industri permesinan yang digunakan industri rekayasa untuk menghasilkan komponen mesin dan peralatan berkualitas tinggi. Lingkup industri mesin perkakas termasuk dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 28221, yaitu kelompok industri mesin/peralatan perkakas mesin untuk pengerjaan logam.

Mesin perkakas adalah alat mekanis yang ditenagai dan biasanya digunakan untuk memfabrikasi komponen metal/logam dari mesin. Namun demikian, material yang dilakukan proses permesinan itu tidak terbatas pada logam, tetapi juga material padat lainnya, seperti kayu dan polimer. 

Mesin perkakas biasanya mengacu pada mesin yang digunakan tidak dengan tenaga manusia, tetapi mereka bisa juga digerakkan oleh manusia bila dirancang dengan tepat. Mesin perkakas lahir ketika keterlibatan manusia dihilangkan dalam proses pembentukan atau proses pengecapan dari peralatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.