Tak Hanya BTN-Muamalat, Akan Hadir Penantang Baru BSI dari Perbankan Swasta

OJK melaporkan selain merger antara BTN Syariah serta Bank Muamalat Indonesia, tahun ini terdapat aksi merger dari industri perbankan syariah lainnya.

Fahmi Ahmad Burhan

20 Feb 2024 - 18.14
A-
A+
Tak Hanya BTN-Muamalat, Akan Hadir Penantang Baru BSI dari Perbankan Swasta

Bisnis, JAKARTA — Industri perbankan syariah Tanah Air bakal segera kedatangan sejumlah pemain baru hasil konsolidasi bisnis di antara beberapa pemain lama. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sinyal akan adanya aksi konsolidasi di antara beberapa bisnis syariah perbankan Tanah Air.

Selama ini, industri perbankan tengah mengantisipasi aksi merger antara unit usaha syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) atau BTN Syariah dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Namun, di luar aksi itu, rupanya OJK telah mengantongi rencana aksi konsolidasi di antara pemain lain.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, mengatakan bahwa berbeda dengan aksi merger BTN Syariah dan Bank Muamalat yang didorong oleh Kementerian BUMN, aksi korporasi dari perbankan syariah lainnya itu datang dari swasta.

"Ada beberapa [aksi merger], tetapi masih dalam tahap pendahuluan, di-lead bank swasta," katanya setelah acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) pada Selasa (20/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tak Hanya BTN-Muamalat, Akan Hadir Penantang Baru BSI dari Perbankan Swasta

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.