Tak Lagi Manis, Petani Tebu Desak Kenaikan Harga Gula

Harga pokok pembelian gula saat ini diperhitungkan sudah jauh di bawah biaya pokok produksi sehingga petani tebu tidak lagi merasakan keuntungan.

Rustam Agus

2 Mar 2022 - 14.30
A-
A+
Tak Lagi Manis, Petani Tebu Desak Kenaikan Harga Gula

Ilustrasi gula konsumsi / Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Tanpa terasa harga beli gula tani ternyata sudah enam tahun tidak naik sehingga saat ini dinilai tepat untuk ditinjau ulang. 

Karena itu Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mendesak pemerintah segera merevisi acuan harga pokok pembelian (HPP) maupun harga eceran tertinggi (HET) gula tani yang sudah enam tahun tidak naik.
 
Desakan tersebut merupakan salah satu rekomendasi yang dihasilkan dalam Musyawarah Nasional V APTRI yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Yogyakarta baru-baru ini.

“HPP gula tani sebesar Rp9.100 per kilogram dan HET gula Rp12.500 per kg sudah enam tahun tidak naik dan ini sangat merugikan petani,” rinci Sekjen DPN APTRI M. Nur Khabsyin, akhir pekan lalu.
 
Bahkan HPP gula tani saat ini sudah jauh di bawah biaya pokok produksi (BPP) yang saat ini sudah berkisar Rp11.000 per kg. Idealnya HPP harus berada di atas BPP agar petani tebu bisa merasakan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.