Tak Perlu Cemas Mudik Pakai Mobil Listrik

PLN telah menyiapkan 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang akan disiagakan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Lukman Nur Hakim

30 Mar 2024 - 18.12
A-
A+
Tak Perlu Cemas Mudik Pakai Mobil Listrik

SPKLU di Candi Prambanan. Bisnis/Suryo Hardiantoro

Bisnis, JAKARTA – Pemudik yang menggunakan kendaran listrik diperkirakan makin banyak tahun ini. PT PLN (Persero) memastikan infrastruktur pengisian daya mobil listrik siap digunakan.

Sampai saat ini, PLN telah menyiapkan 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang akan disiagakan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa ketersediaan SPKLU merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik saat mudik Lebaran tahun ini. 

Baca juga: Berbagai Modus Maskapai Penerbangan Melakukan Kartel Tiket Pesawat

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit. Bahkan, khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU," kata Darmawan dalam keteranganya, Sabtu (30/3/2024).

Darmawan menjelaskan bahwa PLN telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua. 

PLN, kata Darmawan, telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU pada saat mudik Lebaran 2024. Contohnya, di tol Trans Sumatra-Jawa. Rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km. 



“Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendararaan lisrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300—500 km," ujarnya

Lebih lanjut, dirinya menuturkan selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan memantau selama 24 jam di SPKLU tersebar. 

Bahkan PLN juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional. 

Baca juga: Mudik Gunakan Mobil Listrik, Catat Lokasi 1.124 SPKLU PLN di Seluruh Indonesia

PLN juga menyiagakan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk roda dua, sebanyak 1.839 unit.

“Untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU tersebut pelanggan bisa mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile,” ucap Darmawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.