Tak Perlu Cemas Umrah Naik meski Hotel di Arab Melonjak 300%

AMPHURI melaporkan harga hotel di Arab Saudi melonjak hingga 300 persen. Faktor utama melonjaknya harga hotel di Arab Saudi disebabkan tingginya antusias masyarakat muslim dari seluruh negara untuk melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Jaffry Prabu Prakoso

3 Jan 2023 - 18.09
A-
A+
Tak Perlu Cemas Umrah Naik meski Hotel di Arab Melonjak 300%

Masyarakat bersiap melakukan umrah. /kemenag.go.id

JAKARTA – Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengungkapkan bahwa saat ini tidak ada kenaikan biaya umrah meski harga hotel di Arab Saudi naik hingga 300 persen.

Sekretaris Jenderal AMPHURI Farid Aljawi mengungkapkan bahwa sejauh ini belum ada biro perjalanan yang melaporkan kenaikan tarif paket umrah akibat kondisi tersebut. Saat ini pun harga paket umrah reguler masih berkisar Rp30 juta—35 juta per orang.

“Sejauh ini belum ada yang menaikkan harga [paket perjalanan umrah],” kata Farid, Senin (2/1/2023).

AMPHURI mengatakan bahwa faktor utama melonjaknya harga hotel di Arab Saudi disebabkan tingginya antusias masyarakat muslim dari seluruh negara untuk melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Calon jemaah umrah meninggalkan bandara setelah mendapat kepastian gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti 

AMPHURI pun menyebutkan bahwa kondisi ini merupakan kali pertama hotel di Makkah dan Madinah full booked dan sulit didapat.

Untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga jamaah tetap merasa aman, nyaman dan menyenangkan, AMPHURI telah mengimbau pada pelaku biro perjalanan umrah agar menyampaikan kondisi yang terjadi dengan bermusyawarah untuk mufakat dengan calon jemaah umrah sehingga bisa memahami kondisi yang terjadi.

“Jika memang harus melakukan perubahan program/jadwal keberangkatan yang semestinya ke Mekkah, namun bisa terlebih dulu ke Madinah atau sebaliknya. Bisa juga sebelum ke Madinah ke Thaif dulu,” tulis saran AMPHURI dalam keterangan resmi.

Baca juga: Efisiensi AP II Kelola Bandara Hub Umrah dan Haji

Apabila akan tetap berangkat, biro perjalanan pun dapat melakukan perubahan jenis hotel baik di bawah atau di atas klasifikasi yang telah ditentukan. “Tidak ada tambahan biaya jika down grade [hotelnya],” imbuh Farid.

Diberitakan sebelumnya, dalam Surat Edaran AMPHURI Nomor: 1777/DPP-AMPHURI/XII/2022, dijelaskan bahwa naiknya harga hotel di Tanah Suci akibat meningkatnya jumlah kedatangan jemaah umrah dari berbagai negara, pascaditutupnya umrah selama pandemi yang berlangsung hampir dua tahun, serta adanya libur panjang akhir tahun.

Dalam surat tersebut juga ditegaskan bahwa bagi biro perjalanan dan calon Jemaah umrah, jika ada perubahan program dan harga, penyelenggara dapat menawarkan program tersebut dengan komitmen baru yang disetujui jemaah.

Rayu Saudia Airlines Merapat ke Kertajati

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara langsung meminta Saudia Airlines agar ikut melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati. Pesan ini disampaikan Budi dalam pertemuannya dengan sejumlah Menteri Arab Saudi.

Baca juga: Penantian Panjang Pemulihan Jumlah Penumpang Industri Aviasi

Dalam pertemuan tersebut, Menhub berdialog dengan Menteri Umrah dan Haji Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Transportasi dan Logistik Arab Saudi Saleh Al-Jasser, dan Direktur Jenderal Saudi Airlines Ibrahim-Al Omar. Selain itu, Budi bertemu dengan mantan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh Banten.

Saat bertemu dengan kedua Menteri Arab Saudi, Menhub menceritakan kondisi penerbangan umrah di Bandara Kertajati, Jawa Barat yang telah berlangsung secara reguler. Dia juga mengapresiasi dukungan pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan slot penerbangan umrah kepada Indonesia melalui Bandara Kertajati.


Layar menampilkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan pidato pembuka saat acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis/Arief Hermawan P 


“Saat ini Garuda Indonesia dan Lion Air sudah beroperasi. Ke depan kami mendorong Saudi Airlines untuk dapat melayani penerbangan umrah dari dan ke Kertajati," ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (18/12/2022).

Pada 2023, pemerintah berencana menjadikan Bandara Kertajati sebagai embarkasi Haji. Sementara itu, pihak Arab Saudi menawarkan Bandara Thaif sebagai poin untuk penerbangan haji dari Indonesia. 

Hal tersebut ditawarkan dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan kloter penerbangan jamaah haji di Bandara Jeddah dan Madinah, serta dapat mengurangi masa tinggal jamaah Haji di Arab Saudi sehingga dapat menekan biaya haji. (Annasa Rizki Kamalina dan Anitana Widya Puspa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.