Free

Taktik ASDP Hadapi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Jika dibandingkan dengan Lebaran 2023, kapasitas pelabuhan Merak naik 5%. Tak hanya itu, kapasitas kapal meningkat hingga 2%.

Surya Dua Artha Simanjuntak

6 Apr 2024 - 19.32
A-
A+
Taktik ASDP Hadapi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Suasana Pelabuhan Merak pada H-4 Lebaran 2024

Bisnis, BANTEN – Pelabuhan Merak, Banten akan menjadi salah satu titik pusat arus mudik Lebaran 2024. Selaku stakeholder pelabuhan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan sejumlah taktik menghadapi puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada Sabtu (6/4/2024) dan Minggu (7/3/2024) atau H-4 dan H-3 Lebaran.

Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP M Yusuf Hadi mengaku telah melakukan mitigasi menghadapi arus mudik Lebaran 2024 dengan meningkatkan kapasitas penampungan di pelabuhan.

Kini, lanjutnya, Pelabuhan Merak dapat menampung hingga 6.026 kendaraan kecil, atau meningkat 500 unit dari tahun lalu. Dermaga 2 pelabuhan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Sumatra ini juga telah selesai ditingkatkan kapasitasnya dari 3.000 GRT menjadi 10.000 GRT sehingga memungkinkan untuk kapal besar bersandar.

Baca juga: JELAJAH LEBARAN 2024: Menilik Antusiasme Pemudik di Pelabuhan Merak

Alhasil, kapasitas angkut kapal pun juga naik menjadi 31.299 kendaraan kecil dibandingkan realisasi tahun sebelumnya sebesar 30.463 unit kendaraan kecil.

“Tahun ini ASDP bisa memanfaatkan lahan pelabuhan Indah Kiat yang bersebelahan persis dengan dermaga 7 pelabuhan Merak untuk menjadi kantong parkir. Alhamdulillah atas ijin Pelindo, kita bisa buat tembusan ke Indah Kiat. Jadi ketika Merak terpantau padat, bisa dialirkan menuju kantong parkir Indah Kiat dengan daya tampung mencapai 300 unit kendaraan," ujar Yusuf dalam keterangannya, dikutip Sabtu (6/4/2024).

Jika dibandingkan dengan Lebaran 2023, kapasitas pelabuhan Merak naik 5%. Tak hanya itu, kapasitas kapal meningkat hingga 2%.

Kesiapan Pebuhan Merak hadapi puncak arus mudik Lebaran 2024 ini juga telah ditinjau oleh Komisi V DPR RI pada Jumat (5/4/2024). Pemimpin rombongan, Ketua Komisi V DPR Lazarus menyatakan pihaknya sudah cek berbagai aspek terutama keselamatan dan kenyamanan kapal.

 

Suasana Pelabuhan Merak pada H-4 Lebaran 2024 

"Saya lihat ASDP dan mitra terkait termasuk regulator telah mempersiapkan dan mengantisipasi layanan dengan matang untuk menghadapi puncak arus mudik maupun balik," simpul legislator dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu.

Salah satu pemudik di Pelabuhan Merak, Ramadhania Assajdah, mengaku puas dengan pelayanan yang disediakan. Apalagi, Lebaran 2024 menjadi ajang mudik perdana perempuan 23 tahun ini.

Saat ini, dia sedang merantau ke Bekasi. Ramadhania pun akan pulang ke kampung halaman di Lampung.

Baca juga: Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Buat Mudik Lebaran 2024

Meski jadi pengalaman pertama, dia merasa dimudahkan. Menurutnya, dari pemesanan tiket hingga pelayanan petugas sudah cenderung apik.

"Petugas-petugas yang ngasih tahu juga kayak ramah gitu kan. Informatif banget dia kasih tahunya," jelas Ramadhania saat ditemui Bisnis di terminal eksekutif.

Di samping itu, dia merasa masih ada permasalahan ihwal lalu lintas menuju Pelabuhan Merak. Ramadhania mengungkapkan, masih terjadi kemacetan panjang di Gerbang Tol Merak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.