Tambah Jangkauan, Mercedes Benz e-Vito Punya Jarak Tempuh 314 Km

Mercedes Benz memperkenalkan model terbaru van panelnya e-Vito dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Selain pengisian daya lebih cepat, mobil ini memiliki jarak tempuh yang lebih panjang.

Fatkhul Maskur
Dec 3, 2021 - 7:19 PM
A-
A+
Tambah Jangkauan, Mercedes Benz e-Vito Punya Jarak Tempuh 314 Km

Mercedes Benz e-Vito baru berbeda dari pendahulunya dalam banyak hal. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Mengikuti jejak Mercedes‑Benz eVito Tourer, eVito van panel akan menerima pembaruan komprehensif atas powertrain listrik dan baterai baru berkapasitas 60 kWh mulai awal Desember 2021.

Van bebas emisi lokal menggantikan model yang diluncurkan ke pasar pada 2018 dan, dengan jangkauan jauh lebih jauh yaitu 242-314 kilometer (WLTP), dan menarik lebih banyak pengguna angkutan barang komersial.

"Saya senang bahwa dengan Mercedes‑Benz eVito panel van baru kami membuka mobilitas listrik komersial untuk lebih banyak penggunaan, juga berkat jangkauan yang lebih jauh, menawarkan solusi untuk daerah pinggiran kota dan pedesaan," kata Klaus Rehkugler, Wakil Presiden Penjualan & Pemasaran Mercedes‑Benz Vans, Jumat (3/12/2021). 

Dilihat dari spesifikasi peralatannya, tarif sewa yang menarik, dan subsidi publik yang tersedia, eVito setara dengan Vito bertenaga konvensional dalam banyak kasus penggunaan. 

Hal ini adalah aspek penting, terutama untuk bisnis yang berfokus pada perdagangan dan pengerjaan atau armada. manajer, dan sekali lagi memperjelas bahwa mobilitas listrik sekarang benar-benar cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Pengisian Daya Lebih Cepat

Mercedes‑Benz eVito baru berbeda dari pendahulunya dalam banyak hal, dan pada saat yang sama mempertahankan fitur yang telah terbukti dari van panel baterai-listrik.

Di bawah ujung depan, masih ada powertrain listrik yang menggerakkan roda depan dengan tenaga puncak 85 kW. Van panel Mercedes‑Benz eVito dilengkapi pengisi daya terpasang AC berpendingin air dengan kapasitas pengisian daya maks. 11 kW. Artinya disiapkan untuk pengisian arus bolak-balik (AC), misalnya di lokasi komersial, di depot atau di stasiun pengisian umum. 

Model baru diisi melalui soket pengisian CCS di bemper kiri depan. Ini juga memungkinkan pengisian cepat melalui arus searah (DC). Berkat daya pengisian standar maksimum 50 kW atau opsional maksimum 80 kW3, eVito dapat diisi dari 10% hingga 80% di stasiun pengisian cepat DC dalam waktu sekitar 50 atau 35 menit. Baterai dengan kapasitas yang dapat digunakan 60 kWh memungkinkan jangkauan 242‑314 kilometer (WLTP).

Dalam model baru, van panel eVito kini juga menawarkan berbagai tingkat pemulihan untuk mengisi daya baterainya saat mengemudi melalui strategi pengoperasian yang cerdas. Pengemudi dapat mengubah kekuatan pemulihan melalui paddle shift di belakang kemudi sesuai kebutuhan. 

Gaya berkendara yang sangat efisien dan nyaman ditawarkan oleh tahap pemulihan DAUTO. Menurut prinsip "mengemudi dengan pandangan ke depan dan hemat energi," informasi dari asisten keselamatan jaringan dan kekuatan pemulihan disesuaikan dengan situasi dan secara real time. 

Selain itu, tiga program berkendara membantu pelanggan untuk memilih antara kenyamanan maksimal dan jangkauan maksimal secara individual dengan menekan sebuah tombol saat berkendara.

Dengan menempatkan baterai di bawah lantai kendaraan, interior sepenuhnya tersedia dan menawarkan hingga 6,6 m³ volume pemuatan – prasyarat penting untuk banyak industri, terutama dalam transportasi barang. 

Van bebas emisi lokal ini dapat dipesan dalam dua versi panjang berbeda. Pertama,  dengan panjang total 5.140 milimeter, dan kedua sebagai versi ekstra panjang, yang mencapai 5.370 milimeter.

Van panel eVito baru, mirip dengan eVito Tourer, sudah menyertakan banyak fitur menarik sebagai kendaraan produksi, seperti roda 17 inci, kursi berpemanas untuk pengemudi, roda kemudi multifungsi dengan komputer perjalanan atau pengisian daya DC hingga 50 kW. 

Berbagai sistem keselamatan dan bantuan seperti Active Brake Assist, Attention Assist dan Headlight Assist juga disertakan sebagai standar.

Data teknis van panel Mercedes‑Benz eVito

- Emisi CO2 : 0 g/km
- Konsumsi listrik (gabungan)(WLTP) : 27,2-21,3 kWh/100 km
- Rentang listrik (gabungan) (WLTP) : 242-314 km
- Minimal waktu pengisian daya di wallbox atau di stasiun pengisian daya umum (pengisian daya AC, maks. 11 kW) : < 6,5 jam (0-100 %)
- Minimal waktu pengisian daya di stasiun pengisian cepat
- Pengisian DC, maks. 50 kW, standar : kira-kira 50 menit (10-80 %)
- Pengisian DC, maks. 80 kW, opsi : kira-kira 35 menit (10-80 %)
- Sistem penggerak : Penggerak roda depan
- Keluaran (puncak) : 85 kW (116 hp)
- Keluaran (stabil) : 70 kW (95 hp)
- Maksimal torsi : Hingga 360 Nm
- Baterai tegangan tinggi : Ion lithium
- Kapasitas baterai (dapat digunakan) : 60 kWh
- Kapasitas baterai (terpasang) : 66 kWh
- Panjang : 5140 mm, 5370 mm
- Kapasitas beban : Panjang: 6,0 m³, Ekstra-panjang: 6,6 m³
- Maksimal muatan : Panjang: 888 kg, Ekstra-panjang: 853 kg
- Batasan kecepatan : 80 km/jam (standar), 100 & 120 km/jam (opsi)
- GVW : 3.200 kilogram 

Penjualan di Indonesia

Sejauh ini, agen pemegang merek Mercedes Benz belum memasarkan dari model van listriknya di Indonesia. 

Di Indonesia, Mercedes Benz PC memasarkan empat varian mobil van, yakni Vito Select (Rp977 juta), Vito Tourer (Rp1,03 miliar), New V250 Avantgarde Line (Rp1,03 miliar), dan New Sprinter 415 CDI A3 (Rp1,03 miliar).

Sepanjang Januari-September 2021, Mercedes-Benz mencatatkan wholesales Vito sebanyak 17 unit, dan Sprinter sebanyak 5 unit. New Vito terakhir kali diperkenalkan pada awal 2020 atau sebelum pandemi Covid-19. 

 

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar