Tampilkan Model Baru, GIIAS 2021 Topang Otomotif Bangkit Lagi

Dengan target penjualan 850.000 unit sepanjang tahun ini dan hingga 950.000 pada 2022, industri otomotif perlahan bangkit dan mampu menjangkau titik pertumbuhan ke level sebelum pandemi.

Reni Lestari & Rustam Agus

14 Nov 2021 - 12.56
A-
A+
Tampilkan Model Baru, GIIAS 2021 Topang Otomotif Bangkit Lagi

Pameran otomotif GIIAS 2021/Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini disemarakkan dengan pajangan berbagai model terbaru berbagai pabrikan.

Rupanya industri otomotif ingin tancap gas setelah tahun lalau ajang serupa absen lantaran pandemi Covid-19, 

Kini meski pandemi belum benar-benar berakhir, industri otomotif berupaya menandai optimisme untuk bangkit kembali dengan menggelar produk baru andalannya di berbagai sudut ruang pamer GIIAS 2021.  

Sebut saja PT Hyundai Motors Indonesia yang meluncurkan lini sport utility vehicle (SUV) terbarunya, Hyundai Creta.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur menjelaskan Hyundai Creta merupakan produk perdana dari pabrik Hyundai di Indonesia.

Hyundai Creta/Bisnis

Dihadirkan dengan teknologi inovatif connected car service bertajuk Bluelink, pengguna akan selalu terhubung dengan mobil melalui telepon genggam mereka.

Selain itu, teknologi ini juga memberikan keamanan melalui fitur notifikasi ketika kendaraan dicuri sekaligus pelacakannya.

Fitur itu juga didukung oleh stolen vehicle immobilization agar pengguna dapat menghubungi call center dan meminta mobil yang dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

Adapun fitur Smartsense memungkinkan pemantauan area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi.

Selain itu, pengguna juga dapat mendesain sendiri kendaraannya dengan layanan My Own Creta.

Layanan yang akan memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk memilih fitur dan tampilan sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan minat mereka.

Layanan spesial ini khusus disediakan untuk varian Trend dari Creta. Layanan khusus ini memberikan pelanggan pilihan 10 paket fitur dan hingga 10 warna eksterior, dua warna interior, dan tiga jenis Radiator Grille atau Daytime Running Light.

Semua pilihan tersebut akan membuka jalan ke lebih dari 9.000 kombinasi di dalam Creta sehingga pelanggan bisa mendapatkan mobil yang paling sesuai dengan kepribadiannya masing-masing.

"Produk ini akan menjadi terobosan yang kami hadirkan untuk semakin memperkuat posisi kami sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia," kata Makmur.

Sementara itu pabrikan lain, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memamerkan dua produk terbarunya yakni New Xpander dan New Xpander Cross.

New Xpander/Bisnis

Keduanya diperbarui dengan fitur transmisi baru yakni continuous variable transmission (CVT) sehingga akan memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Fitur lainnya yakni Mitsubishi Virtual Assistant (Mira) yang akan membantu konsumen mendapatkan informasi produk serta layanan Mitsubishi Motors.

Selain itu, MMKSI juga mengenalkan  Minicab MiEV, kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan model ini telah membuktikan ketangguhannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik.

Untuk memastikan fungsi dan keandalan produk, MMKSI akan memulai uji coba dengan mitra potensial di Indonesia.

Hasil pengujian akan digunakan untuk pengembangan kendaraan listrik Mitsubishi Motors di Indonesia, serta berkontribusi pada pertumbuhan berkelanjutan dari mitra perusahaan dan masyarakat.

Di lini multipurpose utility vehicle (MPV), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengenalkan All New Ertiga Suzuki Sport FF.

Disebut Finest Form (FF) karena total terdapat 13 pengembangan baru pada All New Ertiga Suzuki Sport FF.

Presiden Direktur Suzuki Indonesia Shingo Sezaki mengatakan peluncuran produk ini merupakan yang pertama sejak menjabat pimpinan baru pada Agustus 2021.

Suzuki Ertiga Sport/Bisnis

"All New Ertiga Suzuki Sport FF dibuat dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan sehingga menjadi MPV terbaik di kelasnya yang akan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa," kata Shingo Sezaki.

Adapun di jajaran mobil mewah, PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Audi dan Volkswagen di Indonesia, tak mau ketinggalan.

GMM memperkenalkan New Audi RS4 Avant dan New Audi A5 Sportback.

Head of Sales GMM Ahmad Badawi mengatakan New Audi RS4 Avant mengkombinasikan nilai-nilai yang ada pada mobil sport dengan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari.

Sementara New Audi A5 ditawarkan kepada konsumen Indonesia dengan desain yang semakin atraktif, dalam dua model sporty yaitu New Audi A5 Sportback dan New Audi A5 Coupe.

Selain itu, Audi Indonesia juga memperkenalkan tampilan terbaru SUV coupe terbaik mereka yaitu Audi Q8 RS Look yang mendapatkan sentuhan semakin sporty berkat bodykit spesial ala RS.

Dari merek Volkswagen atau VW, GMM menghadirkan varian terbaru compact SUV unggulannya yaitu Tiguan Allspace yang sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan keluarga di Indonesia.

Volkswagen Tiguan 2021./VW

Generasi kedua Volkswagen Tiguan sudah diluncurkan pada GIIAS 2019, memberikan keunggulan sesuai kebutuhan konsumen keluarga Indonesia yang menyukai mobil dengan kepraktisan dan daya angkut hingga 7 penumpang.

VW Tiguan Allspace Sport Edition dijual secara eksklusif sejak awal Agustus 2021.

Adapun untuk menandai eksklusifitasnya, setiap unit yang dijual akan mendapatkan nomor edisi khusus pada setiap unit.

Jajaran model-model mobil teranyar yang dipamerkan di GIIAS 2021 diharapkan mampu menandai awal yang baru bagi industri otomotif Tanah Air.

Dengan target penjualan 850.000 unit sepanjang tahun ini dan hingga 950.000 pada 2022, industri otomotif perlahan bangkit dan mampu menjangkau titik pertumbuhan ke level sebelum pandemi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.