Tancap Gas Lelang Proyek Pembangunan Infrastruktur IKN

Mimpi pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur kian nyata. Rencananya, pada Juli 2024, pemindahan ibu kota negara tahap awal dapat dilakukan. Pemerintah pun mulai mengebut pelelangan sejumlah proyek infrastruktur IKN. DItargetkan, pembangunan IKN dilaksanakan pada Agustus 2022.

Yanita Petriella
Jun 23, 2022 - 4:41 PM
A-
A+
Tancap Gas Lelang Proyek Pembangunan Infrastruktur IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi Kendi Nusantara atau penyatuan air dan tanah dari seluruh provinsi di Indonesia di kawasan Titik Nol Kilometer IKN, Kalimantan Timur pada Senin (14 Maret 2022) - Youtube Setpres

Bisnis, JAKARTA – Mimpi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur kian nyata. Rencananya, pada Juli 2024, pemindahan ibu kota negara dapat mulai dilakukan. Sehingga, pemerintah hanya memiliki waktu 2 tahun untuk mempersiapkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN tahap pertama.

Untuk diketahui, kawasan IKN baru di Kalimantan Timur memiliki luas 256.000 hektare. Dalam kawasan seluas itu dibagi menjadi 3 klaster. Rinciannya adalah KIPP, kawasan pemerintahan, dan kawasan pendukung. Adapun untuk luas Kawasan Pengembangan IKN (KP IKN) kurang lebih 199.962 hektare dan Kawasan IKN (KIKN) dengan luas wilayah kurang lebih 56.180 hektare.

Untuk KIPP sendiri memiliki luas 6.671 hektare. Di tempat ini, Kementerian PUPR akan membangun sejumlah infrastruktur dasar di KIPP dalam rentang waktu 2022 hingga 2024. Yang pertama dibangun oleh Kementerian PUPR adalah jalan karena menjadi sebuah keharusan yang utama.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun telah mulai melelang sejumlah proyek infrastruktur di IKN Nusantara. Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengatakan saat ini telah mulai melelang proyek-proyek infrastruktur yang tidak melalui tahapan sayambera desain. Proyek tersebut seperti infrastruktur jalan dan sebagian gedung pemerintahan yang telah mulai dilelang.

Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tancap Gas Lelang Proyek Pembangunan Infrastruktur IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ