Tanda Bahaya, Inflasi Inggris Menolak Padam

Tekanan inflasi di Inggris masih persisten hingga pertengahan 2023. Hal itu memaksa bank sentral Inggris atau Bank of England (BOE) meneruskan kenaikan suku bunga yang dikhawatirkan akan terus membuat biaya hidup rakyat melambung.

Nindya Aldila

25 Jun 2023 - 20.26
A-
A+
Tanda Bahaya, Inflasi Inggris Menolak Padam

Jalanan di Inggris (Canva)

Bisnis, JAKARTA - Rakyat Inggris kian terpuruk setelah inflasi terus menggerogoti aktivitas ekonomi sehingga membuat lubang resesi kian menganga. Hal itu terjadi ketika sebagian besar ekonomi negara maju sudah melihat pelemahan inflasi.

Bank of England (BOE) secara mengejutkan kembali mengerek suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) pada Kamis (22/6/2023) setelah inflasi mencapai 8,7 persen pada Mei, masih sama persis dengan April.

Penurunan tidak terlalu signifikan dari puncaknya sebesar 11,1 persen pada Oktober dan angka itu menjadi yang tertinggi sejak 31 tahun. Utang pemerintah juga telah melebihi perekonomian Inggris untuk pertama kalinya sejak 1961.

"Jika ada bukti tekanan yang terus berlanjut, maka pengetatan lebih lanjut dalam kebijakan moneter akan diperlukan," tulis Gubernur BOE Andrew Bailey dalam sebuah surat kepada Menteri Keuangan Jeremy Hunt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.