Tantangan Berat Bank Asal Indonesia Merambah Pasar Luar Negeri

Dua bank Tanah Air baru-baru ini memperluas bisnisnya ke luar negeri, yakni BNI dan BSI. Namun, langkah ekspansi ini dinilai tidak mudah dan bukanlah merupakan langkah yang mendesak untuk ditiru oleh bank-bank lainnya.

Emanuel Berkah Caesario

19 Mei 2022 - 14.46
A-
A+
Tantangan Berat Bank Asal Indonesia Merambah Pasar Luar Negeri

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas, dan Duta Besar RI untuk Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa Andri Hadi dalam Peresmian BNI Amsterdam, Selasa (17/5/2022). Sumber: BNI

Bisnis, JAKARTA — Langkah bank-bank asal Indonesia untuk memperluas jangkauan pasarnya ke luar negeri bukanlah hal yang mudah. Industri perbankan Indonesia masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang perlu diberesi. Kendati demikian, ekspansi tetap harus dimulai.

Peluang perbankan dalam meraup pasar di luar negeri dinilai masih relatif kecil. Operasional perbankan dalam negeri masih tinggi dibandingkan dengan bank-bank asing, yang membuat mereka sulit memasang bunga yang kompetitif.

Selain itu, tantangan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di industri perbankan domestik juga masih terbagas untuk menjangkau pasar luar negeri. Karakter pasar perbankan di luar negeri tentu jauh berbeda dan lebih kompleks dibanding pasar dalam negeri. Ada banyak hal yang harus dipelajari.

Namun, dengan semua tantangan yang ada, tidak berarti bahwa pelaku industri perbankan di dalam negeri tidak dapat menjangkau pasar luar negeri dan mencoba peruntungannya dalam menjaring laba. Perbankan Indonesia patut mulai memperbesar pasarnya ke luar negeri untuk menambah sumber pertumbuhan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tantangan Berat Bank Asal Indonesia Merambah Pasar Luar Negeri

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.