Bisnis, JAKARTA — Langkah bank-bank asal Indonesia untuk memperluas jangkauan pasarnya ke luar negeri bukanlah hal yang mudah. Industri perbankan Indonesia masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang perlu diberesi. Kendati demikian, ekspansi tetap harus dimulai.
Peluang perbankan dalam meraup pasar di luar negeri dinilai masih relatif kecil. Operasional perbankan dalam negeri masih tinggi dibandingkan dengan bank-bank asing, yang membuat mereka sulit memasang bunga yang kompetitif.
Selain itu, tantangan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di industri perbankan domestik juga masih terbagas untuk menjangkau pasar luar negeri. Karakter pasar perbankan di luar negeri tentu jauh berbeda dan lebih kompleks dibanding pasar dalam negeri. Ada banyak hal yang harus dipelajari.
Namun, dengan semua tantangan yang ada, tidak berarti bahwa pelaku industri perbankan di dalam negeri tidak dapat menjangkau pasar luar negeri dan mencoba peruntungannya dalam menjaring laba. Perbankan Indonesia patut mulai memperbesar pasarnya ke luar negeri untuk menambah sumber pertumbuhan baru.