Tantangan Emiten Prajogo Pangestu (TPIA) Hadapi Sikap OPEC

Sikap OPEC+ menjadi tantangan tersendiri bagi emiten PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) akibat kelanjutan lonjakan harga minyak mentah dunia.

Asteria Desi Kartikasari

1 Nov 2022 - 16.46
A-
A+
Tantangan Emiten Prajogo Pangestu (TPIA) Hadapi Sikap OPEC

Pekerja beraktivitas pada proyek pengaspalan berbahan campuran plastik yang diproduksi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. di kawasan BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (21/7/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA—  Emiten milik taipan Prajogo Pangestu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) terpukul lonjakan harga minyak mentah akibat perang Rusia dan Ukraina. Akibatnya TPIA mencatatkan koreksi dari sisi bottom line hingga kuartal III/2022.

Pergerakan harga minyak mentah dunia diproyeksikan mengalami kenaikan seiring dengan kebijakan terbaru dari negara anggota OPEC+ yang akan memperketat pasar. Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia itu bersiap memangkas produksi sebesar 2 juta barel per hari mulai November 2022.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (31/10/2022), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) berjangka naik di atas US$88 per barel atau naik sekitar 11 persen pada Oktober 2022. Catatan tersebu menjadi kenaikan terbesar sejak Januari 2022.

Adapun pemangkasan produksi dari OPEC+ merupakan awal dari periode yang tidak pasti untuk pasokan minyak menuju musim dingin, dengan Eropa akan merapakan sanksi terhadap aliran Rusia pada Desember 2022. Minyak mentah telah turun seperempat nilainya sejak Juni karena kekhawatiran perlambatan global dan kebijakan moneter yang ketat mengancam akan membatasi permintaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.