Tantangan Industri Komponen : Habis Pandemi Terbit Elektrifikasi

Setelah dihajar oleh dampak pandemi Covid-19, industri komponen di Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan yang muncul sebagai konsekwensi dari transisi tren mobilitas terelektrifikasi. Bagaimana kesiapan mereka?

Fatkhul Maskur

22 Mar 2022 - 14.00
A-
A+
Tantangan Industri Komponen : Habis Pandemi Terbit Elektrifikasi

Sepanjang kuartal pertama 2020, produksi kendaraan di pabrik Hino di Karawang, Jawa Barat, turun 19% menjadi hanya 8.387 unit. Adapun penjualan ritel anjlok 43% menjadi hanya 4.637 unit. HINO

Bisnis, JAKARTA – Setelah dihajar oleh dampak pandemi Covid-19, industri komponen di Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan yang muncul sebagai konsekwensi dari transisi tren mobilitas terelektrifikasi. Bagaimana kesiapan mereka?

Seperti industri otomotif yang terjerembah pada tahun pertama pandemi Covid-19, hal yang sama terjadi pada industri pendukungnya, yakni pabrikan onderdil atau komponen.

"Industri komponen mengalami kondisi terburuk sesuai dengan industri OEM pada kuartal kedua 2020," kata Ketua Gabungan Industri Alat-Alat Mobil dan Motor (GIAMM) Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Selasa (25/8/2020).

PT Astra Otoparts, yang merupakan perusahaan pabrikan komponen otomotif, menderita penurunan pendapatan bersih konsolidasian sepanjang semester pertama 2020 sebesar 25,5% menjadi Rp5,65 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.