Tantangan Kredit dan SBN Menguat, Likuiditas Bank Masih Longgar

Likuiditas industri perbankan dalam negeri masih sangat longgar untuk dapat menyerap permintaan kredit yang meningkat ataupun menyerap emisi surat berharga negara (SBN) pemerintah, di tengah tren outgflow investor asing di pasar SBN.

Emanuel Berkah Caesario

13 Apr 2022 - 18.23
A-
A+
Tantangan Kredit dan SBN Menguat, Likuiditas Bank Masih Longgar

Bisnis, JAKARTA — Likuiditas industri perbankan masih akan cukup longgar untuk menampung potensi peningkatan permintaan kredit serta kebutuhan penyerapan surat berharga negara (SBN), terlihat dari laju pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang masih jauh lebih pesat ketimbang kredit.

Di samping itu, laju pertumbuhan DPK pun ditopang oleh debitur-debitur kaya dengan nilai tabungan di atas Rp5 miliar yang makin banyak selama periode pandemi. Hal ini mencerminkan gairah aktivitas konsumsi dan investasi di kalangan nasabah kakap tersebut masih relatif terbatas.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa DPK meneruskan pertumbuhan double digit hingga Februari 2022, yakni sebesar 11,11 persen secara tahunan (year-on-year/YoY). Sementara itu, penyaluran kredit hanya tumbuh 6,3 persen YoY.

Kinerja pertumbuhan DPK relatif konsisten tumbuh tinggi, bahkan double digit, selama periode pandemi. Oleh karena itu, sejatinya tidak begitu mengherankan jika hingga kini pun tingkat pertumbuhannya masih dua digit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tantangan Kredit dan SBN Menguat, Likuiditas Bank Masih Longgar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.