Tantangan Mengadang Cukai Minuman Berpemanis Tahun Depan!

Rencana implementasi cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) pada 2024 bakal menghadapi sejumlah tantangan, termasuk tentangan dari industri.

Rinaldi Azka

4 Sep 2023 - 18.08
A-
A+
Tantangan Mengadang Cukai Minuman Berpemanis Tahun Depan!

Ilustrasi minuman berpemanis./ISTIMEWA

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah telah menentukan besaran tarif dan skema pungutan, termasuk jenis atau kadar minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) yang akan dikenai cukai mulai tahun depan.

Langkah ini sekaligus menandai pertama kalinya pemerintah melakukan ekstensifikasi barang kena cukai. Selama ini cukai hanya dikenakan pada tiga jenis barang yakni hasil tembakau, minuman mengandung ethil alkohol, dan ethil alkohol. 

Keputusan ini akan menambah penerimaan negara dari sisi cukai. Apalagi, potensi penerimaan dari cukai MBDK cukup besar yakni sekitar Rp6,25 triliun per tahun. Angka itu berpotensi meningkat lebih tinggi seiring dengan tingkat konsumsi MBDK yang cukup besar di Indonesia.

Pemerintah menargetkan penerimaan negara dari cukai senilai Rp246,1 T dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tantangan Mengadang Cukai Minuman Berpemanis Tahun Depan!

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.