Tantangan Menghantui Sektor Properti, Akankah Terjadi Pemulihan?

Di tahun lalu merupakan periode yang cukup baik untuk pasar properti, Namun untuk tahun ini terdapat sejumlah tantangan mulai dari inflasi hingga kenaikan PPN sebesar 1 persen masih menghantui pemulihan sektor properti.

Yanita Petriella

31 Mei 2022 - 09.37
A-
A+
Tantangan Menghantui Sektor Properti, Akankah Terjadi Pemulihan?

Ilustrasi Properti Residensial.

Bisnis, JAKARTA - Di sepanjang tahun ini, sektor properti mengalami tekanan yang cukup besar mulai dari kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 1 persen menjadi 11 persen. Tekanan sektor properti juga akan semakin berat apabila suku bunga acuan Bank Indonesia juga mengalami kenaikan seiring Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed telah menaikkan suku bunganya. 

Meski demikian, memang Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau insentif PPN Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) sebesar 50 persen hingga 30 September 2022 untuk rumah tapak dan rumah susun baru yang ready stock. Tahun lalu, diskon pajak yang diberikan pemerintah sebesar 100 persen. 

Kelanjutan insentif PPN DTP Rumah ini tertuang dalam PMK Nomor 6/PMK.010/2022 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tantangan Menghantui Sektor Properti, Akankah Terjadi Pemulihan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.