Tantangan Nyata Kendali Harga Gula

Holding BUMN Pangan berencana memperbesar stok gula dalam negeri melalui impor sebagai salah satu upaya mengendalikan gejolak harga komoditas itu. Kendati demikian, langkah tersebut menghadapi sejumlah tantangan dari pasar global.

Tim Redaksi

11 Okt 2023 - 15.35
A-
A+
Tantangan Nyata Kendali Harga Gula

Buruh menurunkan muatan gula pasir dari kapal Pinisi yang dikirim dari Sulawesi Tenggara, di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24:11:2020). Paulus Tandi Bone:Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Gejolak harga gula diperkirakan bakal terus berlanjut seiring dengan sulitnya memasok gula konsumsi dari luar negeri. Pemerintah dipandang perlu menyiapkan kuda-kuda pemenuhan stok untuk kebutuhan 2024 kendati hambatan importasi masih terjadi.

Rata-rata harga gula konsumsi per Rabu (11/10/2023) menyentuh Rp15.470 per kilogram turun tipis dibandingkan dengan Selasa di level Rp15.480 per kg. Sedangkan, harga acuan penjualan di tingkat konsumen dipatok Badan Pangan Nasional senilai Rp14.500 per kg.

Direktur Utama ID Food, Frans Marganda Tambunan menyebut risiko lonjakan harga gula terjadi seiring musim giling tebu yang akan segera berakhir. "Setelah musim giling gula ini berakhir mungkin harga bakalan naik," ujar Frans di Kementerian BUMN, Selasa (10/10/2023).

Oleh karena itu, pemenuhan stok gula dari importasi, kata dia, perlu segera dilakukan untuk keperluan stabilisasi harga. Apalagi, HBKN alias hari besar keagamaan nasional dan lebaran tahun depan bakal berlangsung lebih awal yakni di pertengahan April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tantangan Nyata Kendali Harga Gula

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.