Tantangan Pembangunan IKN, Mencari Dana Solid di Masa Sulit

Daya tarik proyek IKN menjadi hal yang penting. Investor tentu tidak akan tertarik mengeluarkan modalnya jika hanya disuguhi lubuk yang luas dan dalam dengan airnya yang jernih tapi tanpa ikan yang bisa dikapitalisasi.

Saeno

28 Mar 2022 - 17.17
A-
A+
Tantangan Pembangunan IKN, Mencari Dana Solid di Masa Sulit

Presiden Jokowi saat camping di lokasi IKN Nusantara/Antara/Setpres

Bisnis, JAKARTA –  Tantangan untuk menghadirkan investor yang bersedia membiayai pembangunan IKN sedang dihadapi pemerintah. Daya tarik proyek IKN menjadi hal yang penting. Investor tentu tidak akan tertarik mengeluarkan modalnya jika hanya disuguhi  lubuk yang luas dan dalam dengan airnya yang jernih tapi tanpa ikan yang bisa dikapitalisasi.

Ketertarikan menjadi salah satu alasan SoftBank Group batal berinvestasi di proyek pembangunan Ibu Kota Baru - atau IKN- Nusantara. Belakangan beredar kabar dua konsorsium juga berniat mundur dari proyek IKN. Hal itu mencerminkan sulitnya mendapatkan dana solid bagi proyek IKN.

Padahal, seperti disampaikan Presiden Joko Widodo pembangunan IKN membutuhkan anggaran Rp466 triliun. Itu sebabnya Presiden Jokowi meminta agar Otorita Ibu Kota Nusantara bergerak lincah mencari skema-skema pendanaan untuk membangun IKN. 

"Kita ingin Otorita ini fleksibel dan lincah dan bisa mendapatkan skema-skema pendanaan dari berbagai skema yang ada," papar Presiden Jokowi, Selasa (15/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.