Target Penerimaan Perpajakan 2023 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Meski memperlihatkan peningkatan di banding 2022, target penerimaan perpajakan iyang mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah ini dinilai masih moderat.

Saeno

16 Sep 2022 - 13.55
A-
A+
Target Penerimaan Perpajakan 2023 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Target penerimaan perpajakan 2023 merupakan yang tertinggi selama ini walau tidak lagi memperhitungan berkah kenaikan harga komoditas dan tidak ada lagi program PPS./Antara-Atika Fauziyyah

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah dan DPR RI sepakat target penerimaan sementara perpajakan
2023 dipatok di angka Rp2.021,2 triliun 2023. Meski memperlihatkan peningkatan di banding 2022, target penerimaan perpajakan iyang mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah ini dinilai masih moderat. 

Menurut Kementerian Keuangan tidak terdapat dorongan keuntungan dari komoditas  dan tidak ada lagi penerimaan dari program pengungkapan sukarela.

"Oleh karena itu, Pemerintah menargetkan penerimaan perpajakan akan tumbuh relatif moderat, yang utamanya didorong oleh aktivitas ekonomi yang semakin meningkat, keberlanjutan reformasi perpajakan, implementasi Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan [UU HPP], dan penegakan hukum," demikian tertulis dalam keterangan resmi Kemenkeu, dipublikasikan Kamis (15/9/2022).

Target penerimaan perpajakan Rp2.021,2 triliun itu merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah republik ini.  Target tersebut naik 5 persen dari rencana awal pemerintah, yakni Rp2.016,9 triliun.
 Sementara itu, secara tahunan, target penerimaan pajak tumbuh hingga 15 persen.Penerimaan pajak justru tumbuh signifikan secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.