Target Rp2,92 Triliun Emiten Grup Salim (META) dari Tol MBZ

Emiten grup Salim (META) diperkirakan memperoleh pendapatan Rp2,92 triliun dari tol layang MBZ. hal ini dikarenakan tol itu dilalui 400.000 kendaraan/hari.

Jaffry Prabu Prakoso

23 Jan 2023 - 08.51
A-
A+
Target Rp2,92 Triliun Emiten Grup Salim (META) dari Tol MBZ

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga

Bisnis, JAKARTA — Emiten konstruksi grup Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) menargetkan pendapatan dari jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) sebesar 2,92 triliun pada tahun 2023. Dengan begitu, perseroan optimistis bisa mengerek pertumbuhan laba bersih hingga dua digit di tahun ini.

Head of Corporate Communications META Indah D.P. Pertiwi mengatakan bahwa perseroan menargetkan pertumbuhan laba bersih lebih dari 25 persen karena optimistis dengan kontribusi dari proyek Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) dan proyek tol layang Mohamed Bin Zayed (MBZ).

“Perseroan mengestimasi dapat memperoleh pertumbuhan laba bersih di atas 25 persen diikarenakan kontribusi dari entitas asosiasi MBZ dan JLB diproyeksikan tumbuh lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Indah kepada Bisnis, Minggu (22/1/2023).

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek dengan kontraktor Acset (ACST)./Dok. ACST

Jalan Tol MBZ merupakan jalan tol layang dengan panjang 38 kilometer di atas jalan tol Jakarta– Cikampek. Jalan Tol MBZ merupakan bagian dari Trans Jawa yang berfungsi sebagai pintu masuk atau keluar dari Jakarta ke Jawa Barat, Tengah dan Timur.

Volume lalu lintas Jalan Tol MBZ diklaim mencapai rata-rata 400.000 hingga 500.000 kendaraan per hari sejak mulai beroperasi penuh pada 12 Desember 2019. Adapun tarif rata-rata dari MBZ berkisar Rp20.000 sampai Rp30.000.

META diperkirakan memperoleh pendapatan hingga Rp2,92 triliun per tahun dengan asumsi rata-rata kendaraan melintas mencapai 400.000 kendaraan dengan tarif Rp20.000 per kendaraan.

Adapun Jalan Tol MBZ merupakan proyek yang diakuisisi oleh META melalui PT Marga Utama Nusantara (MUN) dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR). META mengakuisisi 40 persen kepemilikan saham tol MBZ senilai Rp4,38 triliun.

Baca juga: Simak Rencana 6 Ruas Jalan Tol Baru Dibangun Sepanjang 2023

Sementara itu, JLB merupakan pemegang konsesi ruas Kebon Jeruk-Penjaringan yang merupakan bagian dari jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ringroad. META menggenggam 35 persen saham PT Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB), sepanjang 9,7 km yang menghubungkan Kebon Jeruk.

Dengan kepemilikan 35 persen, JLB tercatat memiliki kontribusi laba bersih sebesar Rp100 miliar. JLB memiliki pendapatan Rp500 miliar, dengan EBITDA Rp400 miliar atau EBITDA margin 80 persen.

Belum Minat Ikut Tender Tol Getaci

Sementara itu, META belum menyatakan minatnya untuk mengikuti tender ulang pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Tender Ulang Tol Getaci Gara-Gara Konsorsium Jasa Marga Bubar

“Kami fokus dalam menciptakan konektivitas jalan bebas hambatan atau jalan tol di wilayah urban atau perkotaan dengan spesifikasi pertumbuhan lalu lintas yang cukup padat," ujar Indah kepada Bisnis, Kamis (19/1/2023).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hedy Rahadian mengatakan bahwa pihaknya harus melakukan tender ulang pengusahaan Jalan Tol Getaci karena telah terjadi default pada kontrak yang telah ditetapkan sebelumnya.

Proyek pintu keluar (exit tol) KM 149 Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/1/2023). Bisnis/Rachman 

Hedy menjelaskan bahw aKonsorsium Jasa Marga telat untuk memberikan financial close sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan. Dia mengungkapkan dengan proses lelang ulang tersebut, pengerjaan konstruksi Jalan Tol Getaci akan menjadi mundur dari jadwal.

"Getaci kita akan lelang ulang karena kemaren tidak financial close, [mulai] dari awal. Tetapi kita sudah mulai proses lelang di BPJT," kata Hedy di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (17/1/2023). (Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.