Tarif KRL 'Si Kaya' di Tengah Insentif Jumbo Kendaraan Listrik

Arah kebijakan pemerintah dipertanyakan seiring dengan penetapan tarif KRL khusus orang kaya. Padahal dalam waktu hampir bersamaan, Kementerian Perindustrian menyatakan bakal memberi insentif senilai Rp80 juta bagi pembeli mobil listrik yang notabene kalangan mampu.

Rayful Mudassir

1 Jan 2023 - 16.41
A-
A+
Tarif KRL 'Si Kaya' di Tengah Insentif Jumbo Kendaraan Listrik

Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA - Rencana Kementerian Perhubungan menerapkan tarif KRL Jabodetabek bagi kalangan mampu atau orang kaya dinilai kontradiktif dengan sikap pemerintah yang memberi insentif terhadap pengguna kendaraan listrik. 

Arah kebijakan pemerintah dipertanyakan seiring dengan penetapan tarif KRL bagi orang kaya. Padahal dalam waktu hampir bersamaan, Kementerian Perindustrian menyatakan bakal memberi insentif senilai Rp80 juta bagi pembeli mobil listrik. 

Sinyal penetapan harga berbeda antara kelas bawah dan kelas atas diutarakan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi belum lama ini. 

Budi Karya menyatakan pada 2023, subsidi Public Service Obligation (PSO) tarif KRL akan lebih diutamakan bagi masyarakat miskin. Langkah ini dinilai sejalan dengan anjuran Presiden agar subsidi diberikan tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.