Tarikan Loyo Adopsi Sepeda Motor Listrik

Jauh panggang dari api. Paribahasa itu tepat untuk menggambarkan perjalanan program bantuan pembelian motor listrik roda dua berbasis baterai sebesar Rp7 juta per unit.

Kahfi & Hendra Wibawa

19 Des 2023 - 07.30
A-
A+
Tarikan Loyo Adopsi Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor listrik. Sebanyak 48 model sepeda motor listrik bersubsidi pemerintah tersedia di pasar. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA—Jauh panggang dari api. Paribahasa itu tepat untuk menggambarkan perjalanan program bantuan pembelian motor listrik roda dua berbasis baterai sebesar Rp7 juta per unit.

Kebijakan yang bergulir sejak 20 Maret 2023 baru tersalurkan 11.532 unit sepeda motor listrik untuk tahun anggaran 2023. Jumlah itu masih jauh dari kuota yang disediakan pemerintah sepanjang tahun ini sebanyak 200.000 unit dengan anggaran Rp1,6 triliun.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik (Aismoli) Budi Setiyadi menilai program subsidi tertahan salah satunya karena revisi syarat penerima subsidi.

Pada 29 Agustus 2023, pemerintah memperluas penerima program bantuan untuk pembelian motor listrik roda dua berbasis baterai melalui Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No. 21/2023 tentang Perubahan atas Permenperin Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tarikan Loyo Adopsi Sepeda Motor Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.