Tata Cara Membuat Tabungan Berjangka di Berbagai Bank di Indonesia

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka tabungan berjangka di beberapa bank di Indonesia, baik secara online maupun offline:

Redaksi

25 Apr 2024 - 21.09
A-
A+
Tata Cara Membuat Tabungan Berjangka di Berbagai Bank di Indonesia

Ilustrasi menabung./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Tabungan berjangka adalah salah satu instrumen keuangan yang menawarkan tingkat bunga tetap dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin mengamankan tabungan mereka sambil memperoleh keuntungan dari bunga yang stabil. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka tabungan berjangka di beberapa bank di Indonesia, baik secara online maupun offline:

Secara Online melalui Aplikasi Perbankan:

1. Pilih Bank dan Tabungan Berjangka yang Sesuai: Buka aplikasi perbankan dari bank pilihan Anda dan cari opsi untuk membuka tabungan berjangka. Telusuri berbagai jenis tabungan berjangka yang ditawarkan dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

2. Pilih Jangka Waktu dan Nominal Tabungan: Setelah memilih jenis tabungan berjangka, Anda akan diminta untuk memilih jangka waktu dan nominal tabungan yang ingin Anda buka. Pastikan untuk memperhatikan minimum saldo awal dan minimum saldo harian yang diperlukan.

3. Verifikasi Identitas dan Persyaratan: Isi formulir aplikasi dengan lengkap dan ikuti langkah-langkah verifikasi identitas yang diminta oleh bank. Hal ini mungkin termasuk memasukkan nomor identitas, alamat, dan informasi lainnya sesuai dengan persyaratan bank.

4. Tanda Tangan Elektronik dan Konfirmasi: Setelah formulir selesai diisi, Anda mungkin diminta untuk memberikan tanda tangan elektronik untuk konfirmasi. Pastikan untuk memeriksa kembali detail tabungan berjangka Anda sebelum mengirimkan aplikasi.

5. Tunggu Persetujuan dan Aktivasi: Bank akan meninjau aplikasi Anda dan memberikan persetujuan. Setelah disetujui, tabungan berjangka Anda akan diaktifkan dan siap digunakan.

Secara Offline di Cabang Bank:

1. Kunjungi Cabang Bank: Datang ke cabang bank pilihan Anda dan temui petugas layanan nasabah untuk membuka tabungan berjangka.

2. Bawa Dokumen Identitas: Pastikan untuk membawa dokumen identitas yang diperlukan, seperti KTP atau SIM, bersama dengan dokumen pendukung lainnya sesuai kebijakan bank.

3. Isi Formulir Aplikasi: Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi tabungan berjangka dengan lengkap. Petugas bank akan membantu Anda jika diperlukan.

4. Verifikasi Identitas: Setelah formulir selesai diisi, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas. Ini mungkin melibatkan proses pemindaian sidik jari atau tanda tangan manual.

5. Tunggu Persetujuan dan Aktivasi: Setelah melalui proses verifikasi, Anda harus menunggu persetujuan dari bank. Setelah disetujui, tabungan berjangka Anda akan diaktifkan dan siap digunakan.

Baca Juga :

 

Tips Mengelola Tabungan Berjangka agar Tetap Terisi:

1. Buat Rencana Keuangan: Buat rencana keuangan yang jelas dan tentukan jumlah yang ingin Anda sisihkan untuk tabungan berjangka setiap bulan.

2. Disiplin dalam Menabung: Jadwalkan penyetoran secara otomatis ke tabungan berjangka Anda setiap bulan. Ini akan membantu Anda tetap konsisten dalam menabung.

3. Pantau dan Evaluasi: Pantau perkembangan tabungan berjangka Anda secara teratur dan evaluasi kemajuan Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Baca Juga :

 

4. Manfaatkan Fitur Auto-Renewal: Jika tabungan berjangka Anda memiliki fitur auto-renewal, pertimbangkan untuk memperpanjang jangka waktu setelah jatuh tempo untuk memaksimalkan keuntungan.

5. Jaga Disiplin Pengeluaran: Tetap disiplin dalam mengelola pengeluaran Anda dan hindari penggunaan dana dari tabungan berjangka kecuali dalam keadaan darurat yang mendesak.

6. Pantau Tingkat Bunga: Pantau tingkat bunga tabungan berjangka Anda dan pertimbangkan untuk memindahkan dana jika Anda menemukan penawaran dengan tingkat bunga yang lebih baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menerapkan tips mengelola keuangan, Anda dapat memanfaatkan tabungan berjangka secara maksimal untuk mencapai tujuan keuangan Anda dengan lebih baik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.