Tax Holiday Kurang Bertuah? Realisasi Investasi Jauh dari Janji

Terdapat selisih Rp1.410 triliun dibandingkan dengan rencana investasi selama 2018 – 2022 yang mencapai Rp1.501 triliun. Terlebih dampak wabah Covid dan kondisi global saat ini bisa menjadi sentimen yang menghambat semangat berinvestasi.

Saeno

14 Jun 2022 - 19.06
A-
A+
Tax Holiday Kurang Bertuah? Realisasi Investasi Jauh dari Janji

Kawasan Industri Kendal/Jababeka com

Bisnis, JAKARTA — Tuah tax holiday dalam meningkatkan realisasi investasi untuk tahun depan patut dipertanyakan. Berkaca pada data, hingga Mei 2022 realisasi penanaman modal hanya mencapai Rp91 triliun. Terdapat selisih Rp1.410 triliun dibandingkan dengan rencana investasi selama 2018 – 2022 yang mencapai Rp1.501 triliun. Terlebih dampak wabah Covid dan kondisi global saat ini bisa menjadi sentimen yang menghambat semangat berinvestasi.

 Entah terkait atau tidak, yang pasti pemerintah dan DPR telah mengoreksi proyeksi realisasi investasi untuk tahun 2023. Target realisasi investasi turun dari proyeksi sebelumnya yang berkisar di angka Rp1.800 triliun - Rp1.900 triliun menjadi Rp1.250 triliun - 1.400 triliun.

Padahal, sebelumnya, pemerintah berencana menjadikan investasi sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan. Seperti dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah ingin menjadikan investasi sebagai salah satu komponen besar sumber pertumbuhan ekonomi 2023.

Itu sebabnya, pemerintah pun menaikkan target investasi 2023 hingga 50 persen dari target 2022, melonjak dari Rp1.200 trilun menjadi setidaknya Rp1.800 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tax Holiday Kurang Bertuah? Realisasi Investasi Jauh dari Janji

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.